KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMPN 17 KOTA CIREBON

NUR ANITA, (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMPN 17 KOTA CIREBON. Other thesis, S1-Tadris IPS IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cerita pendek adalah salah satu materi kelas IX yang penting untuk dipahami oleh peserta didik, termasuk di dalamnya terdapat struktur dan kaidah kebahasaan cerpen. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian lanjutanya adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa Ketika diterapkan perlakuan berupa pengimplementasian model pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 17 Kota Cirebon. Data dikumpulkan melalui tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa dan penerapan model pembelajaran inkuiri. Analisis soal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistic paramterik dengan mengindifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan hasil belajar serta penerapan model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian ini adalah: (1) siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri efektif, begitu juga dengan kelas yang tidak diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri dinilai efekttif karena t-hitung lebih besar dari t-tabel (2.753>1,71). Namun, siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model inkuiri. Sebagaimana hasil uji-t di atas dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti kelas yang menggunakan model inkuiri lebih efektif dibandingkan kelas yang tidak menggunakan model inkuiri. (2) Hasil pengamatan observasi guru dan siswa menunjukan bahwa langkah-langkah pembelajaran inkuiri pada bagian lembar observasi guru dan Siswa sudah dilaksanakan seluruhnya oleh peneliti dilengkapi dengan keterangan oleh pengamat. Kata Kunci. Cerita Pendek, Inkuiri, Model Pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:22
Last Modified: 19 Aug 2024 07:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14484

Actions (login required)

View Item View Item