FITRIAH, (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN ASSESMEN PORTOFOLIO (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 17 Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
FITRIAH_59450984_ok.pdf Download (834kB) | Preview |
Abstract
FITRIAH. NIM 59450984. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN ASSESMEN PORTOFOLIO. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Juli 2013. Penilaian yang hanya menggunakan tes tertulis memiliki beberapa kekurangan yaitu setiap soal yang digunakan dalam suatu tes umumnya mempunyai jawaban tunggal, tes hanya berfokus pada skor akhir dan tidak berfokus pada bagaimana siswa memperoleh jawaban, tes kurang mampu mengungkapkan bagaimana siswa berpikir, tes tidak mampu mengukur semua aspek siswa, penilaian ini dirasa kurang adil bagi siswa sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan asesmen/ penilaian portofolio di SMP Negeri 17 Cirebon. Melalui penerapan asesmen portofolio ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan diterapkannya asesmen / penilaian portofolio dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII F SMP Negeri Cirebon. Assesmen portofolio merupakan penilaian secara berkesinambungan dengan menggunakan metode pengumpulan informasi atau data secara sistematik atas hasil pekerjaan peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Dengan adanya penugasan portofolio, siswa termotivasi untuk mampu menyelesaikan tugas yang diberikan sebaik mungkin. Untuk proses penilaian tidak hanya dijaring menggunakan tes saja, tetapi setiap siswa diwajibkan untuk menampilkan hasil pekerjaan terbaik mereka sebagai bahan penilaian oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengambil subjek kelas VII F SMP Negeri 17 Cirebon tahun ajaran 2012/ 2013 dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus setiap siklus terdiri dari 4 petemuan, masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tugas-tugas portofolio, angket motivasi belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan yaitu motivasi belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 0% motivasi belajar siswa berkategori sangat baik, sebesar 44.4% motivasi belajar siswa berkategori baik, dan sebesar 54.6% motivasi belajar siswa berkategori cukup. Pada siklus II sebesar 13.9% motivasi belajar siswa berkategori sangat baik, sebesar 63.9% motivasi belajar siswa berkategori baik dan sebesar 22.2% motivasi belajar siswa berkategori cukup. Pada siklus III sebesar 13.9% motivasi belajar siswa berkategori sangat baik, sebesar 86.1% motivasi belajar siswa berkategori baik dan sebesar 0% motivasi belajar siswa berkategori cukup. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui penerapan asesmen portofolio dapat meningkatkan motivasi belajar matematika kelas VII SMP Negeri 17 Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 07:46 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1452 |
Actions (login required)
View Item |