MAHWIYAH, (2019) PEMIKIRAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AKHLAQUL BANîN DAN KITAB AYYUHAL WALAD SERTA SIGNIFIKANSINYA UNTUK MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (140kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
MAHWIYAH: PEMIKIRAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AKHLAQUL BANîN DAN KITAB AYYUHAL WALAD SERTA SIGNIFIKANSINYAUNTUK MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Kedudukan Akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang paling penting. Sebab jatuh bangunnya suatu masyarakat tergantung kepada bagaimana akhlaknya. Apabila akhlaknya baik maka sejahtera lahir batinnya. Apabila akhlaknya rusak maka rusaklah batinnya. Para ahli ilmu sosial, sampai sekarang sependapat bahwa kualitas manusia tidak dapat diukur hanya dari keunggulan keilmuan dan keahlian semata, tetapi juga diukur dari kualitas akhlak. Ketinggian Ilmu tanpa disertai dengan akhlak yang baik dapat membawa kepada kehancuran.Persoalan akhlak yang terjadi di masyarakat, khususnya di kalangan anak ataupun remaja bahkan pelajar sekolah sebenarnya disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang menyebabkan kebobrokan perilaku anak tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi yang tidak bisa dimaknai secara positif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengekplor dan mendeskripsikan Kontribusi Nilai Pendidikan Akhlak di Era Revolusi Industri 4.0 serta Pendidikan Akhlak Umar Bin Ahmad Baradjadan Imam Al-Ghazali dalam rangka Mengatasi Tantangan Pendidikan Anak di Era Revolusi Industri 4.0. Secara keseluruhan jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif, penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pustaka (libraryresearch). Yaitu penelitian yang dilakukan dengan jalan mengumpulkan data-data, yang didapat dari sumber kepustakaan berupa buku, majalah, koran, jurnal ilmiah serta dokumen-dokumen lain sehingga dari padanya diperoleh informasi yang jelas mengenai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Akhlaqul Banîn Umar Bin Ahmad Baradja dan Kitab Ayyuha Al Walad Al-Ghazali. Hasil penelitian ini menyimpulkan Relevansi konsep pendidikan akhlak dengan pendidikan agama islam dalam meningkatkan serta membentuk akhlak yang Islami cukup relevan karena memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk manusia yang insan kamil serta menjadikan manusia yang sebaik-baiknya dan berlandaskan pada Al-Qur’an dan Al�Hadist harus muncul sebagai kekuatan moral, memberikan stimulus. Jadi harus ditumbuhkan pemahaman agama yang dinamis dan kreatif bukannya fasif. Konsep pendidikan akhlak harus diberdayakan agar dapat memberikan respon terhadap Era Revolusi Industri 4.0, untuk menghadapi era revolusi industri 4.0,Para pelaku pendidikan serta kebudayaan juga harus sigap dalam menyesuaikan diri dengan berbagai perkembangan yang ada. Diperlukan reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, profesionalisme guru, kurikulum yang dinamis, sarana dan prasarana handal, dan teknologi pembelajaran yang mutakhir untuk siap menghadapi era revolusi 4.0. dan diperlukan pendidikan yang dapat membentuk generasi kreatif, inovatif, serta kompetitif. Hal tersebut salah satunya dapat dicapai dengan cara mengoptimalisasi penggunaan teknologi sebagai alat bantu pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan output yang dapat mengikuti atau mengubah zaman menjadi lebih baik. Kata Kunci : Pendidikan, Akhlak, Era Revolusi Industri 4.0.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 09:05 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 09:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14557 |
Actions (login required)
View Item |