PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Cipicung Kec. Cipicung Kab. Kuningan)

HALIMATUSSADIAH, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Cipicung Kec. Cipicung Kab. Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HALIMATUSSADIAH_59451120_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

HALIMATUSSADIAH: “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Model Bangun Ruang Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang (Studi Eksperimen di SMP Negeri 1 Cipicung Kec. Cipicung Kab. Kuningan)” Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri dimana guru dan siswanya bertukar pikiran untuk mengembangkan ide dan pengertian. Seorang guru perlu menyadari bahwa proses komunikasi tidak selalu lancar bahkan dapat menimbulkan salah pengertian. Hal inilah yang menghambat proses belajar mengajar. Dikarenakan konsep-konsep dalam matematika itu abstrak, sedangkan pada umumnya siswa berpikir dari hal-hal yang konkret menuju hal-hal yang abstrak, maka salah satu jembatannya agar siswa mampu berpikir abstrak tentang matematika adalah dengan menggunakan media pembelajaran dan alat peraga. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji respon siswa terhadap penggunaan alat peraga model bangun ruang pada pembelajaran matematika. (2) Untuk mengkaji kemampuan pemahaman matematika siswa setelah menggunakan alat peraga model bangun ruang pada pembelajaran matematika. (3) Untuk mengkaji seberapa besar pengaruh penggunaan alat peraga model bangun ruang terhadap kemampuan pemahaman matematika pada pokok bahasan bangun ruang. Pembelajaran menggunakan alat peraga berarti mengoptimalkan fungsi seluruh panca indra siswa untuk meningkatkan efektivitas siswa belajar dengan cara mendengar, melihat, meraba, dan menggunakan pikirannya secara logis dan realistis. Alat tersebut berguna agar pelajaran yang disampaikan guru lebih mudah dipahami oleh siswa. Penellitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipicung, sedangkan pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan cluster randon sampling yaitu pengambilan sampel kelas secara acak dan di dapat kelas VIII D yang berjumlah 29 siswa. Adapun untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independen dan kelinieran regresi, uji korelasi, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa respon siswa terhadap penggunaan alat peraga model bangun ruang termasuk dalam kategori baik dengan skor rata – rata sebesar 73,52 dan kemampuan pemahaman matematika termasuk dalam kategori baik dengan skor rata – rata sebesar 75,03. Berdasarkan uji statistic pada taraf signifikansi α = 5 % atau 0,05 diperoleh thitung = 4,188 dan ttabel = 2,052. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, maka berdasarkan criteria uji Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga model bangun ruang terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipicung sebesar 39,4 % dan sisanya 60,6 % adalah faktor lain yang mempengaruhi kemampuan pemahaman matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:03
Last Modified: 07 Jun 2017 06:21
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item