Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Sejak Dini Bagi Pembentukan Karakter Siswa di RA Al-Falah Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon

Ahmad Junaedi, (2018) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Sejak Dini Bagi Pembentukan Karakter Siswa di RA Al-Falah Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ahmad Junaedi, NIM 14166310001:Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Sejak Dini Bagi Pembentukan Karakter Siswa di RA Al-Falah Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Tesis ini membahas tentang penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam pada anak usia dinidi RA. Al-Falah Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Kajian ini di latar Belakangi dengan adanya problematika yang marak terjadi di lingkungan masyarakat,seperti: kenakalan remaja, pergaulan bebas, konsumsi barang-barang haram, sek bebas dan rusak moral bangsa ini menjadikan keprihatinan yang sangat mendalam. Hal itu merupakan salah satu dampak dari kurangnya Pendidikan Agama Islam, sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang dilakukan pada anak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat menawarkan beberapa metode Pendidikan Agama Islam untuk anak usia dini. Studi ini bermaksudkan untuk memberikan jawaban dari permasalahan :Bagaimana penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di RA. Al Falah di Desa Pegagan Kidul Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, sehingga permasalahannya dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di RA. Al Falah Kabupaten Cirebon. Datanya diperoleh dari beberapa sumber dengan cara observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Dari semua data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Pada anak usia dini, anak ini sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat luar biasa, anak belum memiliki pengaruh negatif dari lingkungan luar, oleh sebab itu orang tua maupun pendidik akan lebih mudah mengarahkan anak menjadi lebih baik. Penelitian ini telah menemukan bahwa penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di RA. Al Falah Kabupaten Cirebon dilaksanakan dengan menggunakan tujuh metode yang slaing melengkapi, yaitu metode pembiasaan, keteladanan, bermain peran, bercerita, demontrasi, bernyanyi, dan karyawisata. Proses pembelajaran menggunakan sistem sentradan materinya disesuaikan dengan perkembangan anak didik yang mencakup pada nilai agama dan moral, fisik, bahasa, kognitif, dan sosial emosional. Ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai, dapat mendorong anak didik berkembang lebih maksimal

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai PendidikanAgama Islam, Usia Dini, Karakter Siswa, RA Al Falah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:13
Last Modified: 23 Oct 2024 02:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14610

Actions (login required)

View Item View Item