Konsep Pendidikan Karakter Menurut Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional

RIFQOH KHASANAH, (2018) Konsep Pendidikan Karakter Menurut Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

RIFQOH KHASANAH : “Konsep Pendidikan Karakter Menurut Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional” Memudarnya karakter anak bangsa ditunjukkan dengan meningkatnya aksi�aksi yang berdampak pada rusaknya diri bangsa kita sendiri, seperti tawuran, vandalism, saling caci maki, perkelahian, pembunuhan, pemerkosaan, narkoba, pornografi, maraknya geng motor yang ugal-ugalan di jalan, seks bebas, dan Married by accident. Hal tersebut menunjukkan belum optimalnya tujuan pendidikan. Padahal pemerintah telah merancang Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) terkait dasar, fungsi dan tujuan pendidikan yang merujuk pada Undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila yang menunjukkan nilai karakter, bahkan jauh sebelum pemerintah mencanangkan pendidikan karakter, jauh sebelum itu KH. M. Hasyim Asy‟ari telah terlebih dahulu membahas tentang pendidikan karakter dalam karya-karyanya, baik dalam kitab Adab al-„Aalim wa al-Muta„allim ataupun kitab dan risalah yang lainnya yang menjelaskan tentang pendidikan. Dimana dalam pemikirannya terkait pendidikan, di dalamnya terdapat nilai-nilai karakter. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah konsep pendidikan karakter menurut Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy‟ari apakah relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang tercantum dalam Undang-undang Sisdiknas. Adapun metode penelitian ini menggunakan model penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi naskah (Filologi) dengan cara membaca karya tersebut dan melakukan kritik teks (textual criticism) terhadap karya tokoh terkait dan Undang-undang Sistem pendidikan nasional tentang pendidikan karakter. Sedangkan teknik pengumpulan pada penelitian Filologi ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai literatur baik berupa buku-buku ilmiah, jurnal, dan artikel yang dapat mendukung penulisan penelitian ini. Setelah data terkumpul langkah selanjutnya adalah menganalisis data secara deskriptif dengan menggunakan metode naratif untuk memperoleh kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Konsep pendidikan karakter menurut KH. M. Hasyim Asy‟ari yang harus dimiliki oleh pendidik dan peserta didik relevan dengan 18 nilai karakter yang dibentuk Pusat Kurikulum Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Indonesia sekarang ini. Hal itu ditunjukkan dengan nilai-nilai karakter yang disampaikan beliau dalam karya-karyanya yang sesuai dengan nilai-nilai karakter yang tercantum dalam Sisdiknas. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan dalam penjelasan proses pembentukan karakter tersebut, dalam konsep KH. M. Hasyim Asy‟ari dijelaskan secara rinci bagaimana proses pembentukan karakter yang dilaksanakan bukan saja melalui media lahiriyah bahkan melalui media batiniyah, sedangkan dalam Undang-undang Sisdiknas tidak dijelaskan secara rinci dan hanya seperti yang termaktub dalam undang-undang tersebut

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan Karakter, KH. M. Hasyim Asy’ari, Sisdiknas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:44
Last Modified: 23 Oct 2024 02:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item View Item