Hubungan Kedisiplinan dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Beber Kabupaten Cirebon.

RAHMAN, (2012) Hubungan Kedisiplinan dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Beber Kabupaten Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1. Hal Depan_19.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Bab 1_11.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. Bab 5_1.pdf

Download (34kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka_2.pdf

Download (51kB)

Abstract

RAHMAN: Hubungan Kedisiplinan dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Beber Kabupaten Cirebon. Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan /atau latihan dengan memperhatikan tuntutan untuk dan batas-batas yang mer erikan petunjuk apa yang tidak boleh dan tidak baik dilakukan, di sinilah letak permasalahannya, terkadang banyak siswa yang kurang mengerti akan pentingnya suatu kedisiplinan terutama dalam hal pembelajaran, sehingga tidak jarang banyak siswa yang memiliki nilai di bawah rata-rata atau di bawah target yang diinginkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kedisiplinan siswa, prestasi belajar siswa, dan hubungan antara bentuk kedisiplinan dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mendisiplinkan serta mendidik anak didik merupakan masalah yang cukup kompleks, dan serius, karena memerlukan perhatian khusus, kebijaksanaan, kesabaran, dan ketabahan. Oleh sebab itu, resiko dan tantangannya pun terkadang banyak memiliki hambatan. Mendisiplinkan anak bukanlah bertujuan agar anak menjadi seorang yang penurut, tetapi lambat laun apa yang ditanamkan atau ditumbuhkan itu harus menjadi bagian dari tingkah lakunya sehari-hari. Tingkah laku yang baik harus dipertahankan dan di pupuk terus sambil mengurangi dan membuang tingkah laku yang tidak diinginkan karena tidak memberikan kepuasan dan tidak sesuai dengan norma sekitarnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi, data-data tersebut kemudian di analisis dengan menggunakan rumus presentase dan korelasi Product Moment. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variable X (bentuk kedisiplinan siswa) tergolong kurang maksimal dalam pelaksanaannya, terlihat dengan hasil yang diperoleh 55,52% dan variable Y (prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam) tergolong cukup baik dengan hasil yang diperoleh adalah nilai modus sebesar 6 (enam), nilai median sebesar 6 (enam), dan nilai mean sebesar 6,2 (enam koma dua). Adanya hubungan atau tidak antara variabel X (bentuk kedisiplinan siswa) dan variabel Y (prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam) terlihat dengan hasil yang diperoleh sebesar 3,32. hal ini dapat dikatakan bahwa hubungannya terdapat korelasi yang positif di mana nilai korelasi yang dihasilkan searah atau tidak bertolak belakang (tidak bertanda negative), dan berada pada interval 0,20-0,40 (korelasi yang lemah).

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:24
Last Modified: 23 Oct 2024 02:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14615

Actions (login required)

View Item View Item