PENGARUH TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON

HARMOKO, (2012) PENGARUH TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN AKHIR SEMESTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HARMOKO_06450738_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

HARMOKO : “Pengaruh Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon.” Pendidikan merupakan suatu kegiatan kompleks berdimensi luas dan banyak variabel yang mempengaruhinya. Berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada berbagai faktor yang mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dimana untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan materi dilaksanakan evaluasi yang dilakukan seorang guru kepada siswanya. Kecemasan dalam menghadapi ujian merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi pendukung dan penghambat bagi pencapaian hasil belajar seorang siswa. Sesuai dengan permasalahan yang telah dirumuskan, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai meliputi untuk mengetahui gambaran umum tingkat kecemasan siswa kelas SMP Negeri 1 Sumber dalam menghadapi ujian. Dan untuk mengetahui pula hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Sumber. Serta untuk mengetahui sejauhmana pengaruh antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian matematika terhadap hasil belajar matematika siswa tersebut. Setiap siswa memiliki kadar atau tingkat kecemasan yang berbeda-beda dalam menghadapi pelaksanaan ujian hal ini dapat diketahui dan diukur. Salah satunya yaitu dengan melihat perolehan nilai siswa setelah dilaksanakan ujian. Penelitian ini memperoleh data dari penyebaran angket pada kelas sampel, penyebaran angket tesebut bertujuan untuk memperoleh data tentang tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian kenaikan kelas (UKK) matematika. Sedangkan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Sumber diperoleh dari hasil studi dokumentasi dari kantor tata usaha, bagian kurikulum dan guru mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan populasinya adalah siswa siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Sumber yang berjumlah 274 siswa, dengan alasan karena siswa kelas XI sedang berada pada masa remaja yang cenderung sedang mengalami krisis perkembangan diri sehingga mudah mengalami kecemasan di lingkungan sekolah dan sudah beradaptasi serta sudah berpengalaman dalam belajar. Adapun sampel penelitian yang dipilih yaitu siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Sumber tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumah 68 siswa atau sebanyak 24,8% dari populasi. Hasil penelitian berkenaan dengan gambaran umum tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian matematika menunjukkan 47% responden atau 32 siswa berada pada kategori agak cemas atau mengalami tingkat kecemasan yang sedang. Sedangkan hasil belajar matematika siswa menunjukkan sebanyak 89,7% responden atau 61 siswanya mendapatkan hasil belajar matematika yang lebih baik dan tinggi serta dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Sumber, yaitu sebesar 0,54 termasuk dalam korelasi tinggi dengan perhitungan KD = 29,2% yang berarti tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian mempengaruhi hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Sumber.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 08:06
Last Modified: 06 Jun 2017 04:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item