Studi Komparatif Konsep Pendidikan Moral Menurut Ibn Miskawaih Dan Lawrence Kohlberg

ROFI’AH, (2018) Studi Komparatif Konsep Pendidikan Moral Menurut Ibn Miskawaih Dan Lawrence Kohlberg. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1. COVER TESIS dan Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA new 1.pdf

Download (176kB)

Abstract

ROFI’AH NIM 14136210011 : “Studi Komparatif Konsep Pendidikan Moral Menurut Ibn Miskawaih Dan Lawrence Kohlberg” Konsep pendidikan moral dalam pandangan Islam memiliki arti yang sangat penting, sehingga hampir setiap kehidupan manusia tak pernah lepas dari moral. Pendidikan moral adalah tema sentral bagi pelaksanaan pendidikan, karena pendidikan moral ini merupakan asas dasar bagi manusia untuk berinteraksi dengan Sang Pencipta (hablumminallah) maupun dengan sesama manusia (hablumminannas). Banyak para ahli pendidikan Islam dan Barat yang telah memberikan perhatian serius dalam mengkaji konsep pendidikan moral antara lain seperti Ibn Miskawaih dan Larwrence Kohlberg yang merupakan pemikir dan kompeten dalam bidang pendidikan moral. Pada umumnya pendidikan moral atau pendidikan budi pekerti, telah mendapat tempat yang cukup baik dalam pendidikan kita. Hal ini dapat dilihat dengan adanya mata pelajaran PKn yang sarat dengan muatan moral terutama moral Pancasila. Mata pelajaran lain yang memiliki nuansa moralitas adalah agama. Bahkan untuk sekolah khusus agama, seperti sekolah berbasis agama maupun madrasah, jam pelajaran untuk mata pelajaran agama Islam jauh lebih banyak dibandingkan dengan sekolah umum. Sehubungan dengan hal itu, maka penulis ingin mengkaji kembali pandangan�pandangan Ibnu Miskawaih dan Lawrence Kohlberg tentang konsep pendidikan moral yang terkemas dalam suatu rumusan penelitian: 1) Bagaimana konsep pendidikan moral menurut Ibn Miskawaih? 2) Bagaimana konsep pendidikan moral menurut lawrence kohlberg? Serta 3) Bagaimana perbandingan konsep pendidikan moral menurut masing-masing kedua tokoh tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu aspek pemikiran Ibn Miskawaih dan Lawrence Kohlberg tentang pendidikan moral. Persamaan dan perbedaan konsep Ibn Miskawaih dan Kohlberg. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau penelitian kepustakaan (library research) dengan melakukan pendekatan studi tokoh dan filosofisnya. Sementara analisis yang digunakanya adalah content analysis. Selanjutnya untuk mendapatkan kesimpulan dari kajian ini, digunakan metode dedukatif, induktif dan komparatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Konsep pendidikan moral menurut Ibn Miskawaih, Moral adalah kondisi bagi jiwa yang mengajak segala perbuatan kepadanya dengan tanpa dipikirkan, dan tanpa ditimbang-timbang. Sedangkan menurut Kohlberg, norma yang menetapkan perilaku apa yang harus diambil pada suatu saat, bahkan sebelum bertindak. Terdapat pesamaan antara Ibn Miskawaih dan Lawrence Kohlberg akan tetapi lebih banyak perbedaanya yaitu, pertama, metode pendidikan moral Miskawaih menggunakan metode latihan dan kebiasaan sedangkan Kohlberg menggunakan diskusi. Kedua, materi yang diberikan Miskawaih memeberikan materi yang sesuai dengan kebutuhanya sedangkan Kohlberg mengajukan isu-isu moral dalam setiap diskusinya dan yang terahir tahapan moral miskawaih menjelaskan tahapan sesuai dengan jiwa nya sedangkan tahapan Kohlberg meliputi pra konvensional, konvensional dan pasca konvensional.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:48
Last Modified: 25 Oct 2024 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14661

Actions (login required)

View Item View Item