Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Active Learning (Studi Kasus di MA Madinatunnajah Kota Cirebon TahunAjaran 2016-2017)

AFIYATUN KHOLIFAH, (2018) Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Active Learning (Studi Kasus di MA Madinatunnajah Kota Cirebon TahunAjaran 2016-2017). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1.COVER MERGE.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2.BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (177kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

AFIYATUN KHOLIFAH : “Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Humanistik dengan Pendekatan Active Learning (Studi Kasus di MA Madinatunnajah Kota Cirebon TahunAjaran 2016-2017)” Pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistic dengan pendekatan active learning ini berpusat pada siswa dan mengutamakan perkembangan afektif siswa sebagai bagian integral dari proses belajar. Guru yakin bahwa kesejahteraan mental dan emosional siswa harus dipandang sentral dalam pembelajaran, agar belajar itu memberikan hasil maksimal. Berdasarkan realitas di atas, permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistic dengan pendekatan active learning di MA Madinatunnajah Kota Cirebon? Bagaimana factor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistic dengan pendekatan active learning di MA Madinatunnajah Kota Cirebon? Bagaimana upaya impelemntasi pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistic dengan pendekatan active learning di MA Madinatunnajah Kota Cirebon? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistic dengan pendekatan active learning di MA Madinatunnajah Kota Cirebon. Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistic dengan pendekatan active learning di MA Madinatunnajah Kota Cirebon. Untuk mengetahui upaya implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistic dengan pendekatan active learning di MA Madinatunnajah Kota Cirebon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus eksploratif. Penelitian ini berusaha mengungkapkan tentang metode pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistik dengan pendekatan active learning melalui sumber data yang relevan, baik dari buku-buku teks, jurnal, majalah-majalah atau hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistik dengan pendekatan active learning di MA Madinatunnajah kota Cirebon diwujudkan dalam beberapa komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan isi/materi pelajaran serta guru dan siswa. (2) Ada empat factor pendukung dan penghambat terlaksananya pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistik dengan pendekatan active learning di MA Madinatunnajah kota Cirebon yaitu meliputi profesionalitas guru, siswa, sarana prasarana, dan lingkungan. (3) Upaya implementasi pembelajaran akidah akhlak berbasis humanistic dengan pendekatan active learning yaitu guru selalu memberikan kesempatan dan kebebasan siswa untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing. Guru Mendengar pandangan realitas siswa secara komprehensif, menghormati individu siswa, dan guru tampil alamiah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PembelajaranAkidahAkhlak, Humanistik, Active Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 01 Nov 2024 04:02
Last Modified: 01 Nov 2024 04:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14679

Actions (login required)

View Item View Item