PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen di kelas VIII MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng)

HASAN RAHMAT, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN ALAT PERAGA BANGUN RUANG TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen di kelas VIII MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HASAN RAHMAT_59451067_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HASAN RAHMAT : “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Alat Peraga Bangun Ruang terhadap Pemahaman Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok.” Keberhasilan proses pembelajaran pada pelajaran metematika dapat diukur dari keberhasilan siswa yang mengikuti pembelajaran tersebut. Hal itu dapat dilihat dari tingkat pemahaman, penguasaan materi serta prestasi belajar siswa. Namun dalam kenyataannya dapat dilihat bahwa prestasi belajar matematika yang dicapai siswa masih rendah dan apa yang dipelajari siswa kurang bermakna, karena kurangnya minat belajar siswa terhadap matematika. Selain itu, kurang tepatnya seorang guru dalam memilih model, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penggunaan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together berbantuan alat peraga, untuk mengetahui seberapa besar pemahaman matematika siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran koperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga Bangun Ruang terhadap Pemahaman Matematika siswa pada pokok bahasan Kubus dan Balok di MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng. Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan alat peraga diharapkan akan memberi pengaruh terhadap pemahaman matematika sekaligus meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga apa yang menjadi harapan guru-guru di sekolah, orang tua dan siswa itu sendiri dapat tercapai, yaitu prestasi tergolong baik. Semakin baik prestasi belajar siswa, maka tujuan daripendidikan telah tercapai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Siswa kelas VIII di MTs Rabithatul ‘Ulum Krangkeng berjumlah 179 siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa. Metode yang digunakan adalah metode Eksperimen. Setelah data diperoleh, kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kelinieran regresi, dan uji kebaikan model. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajran Numbered Head Together berbantuan alat peraga terhadap pemahaman matematika siswa sebesar 0.224. Selain itu dengan persamaan regresi untuk kedua variabel tersebut adalah = 0,833X, dari persamaaan tersebut koefesien regresi sebesar 0,833 menyatakan bahwa setiap penambahan (peningkatan) penggunaan model pembelajaran NHT berbantuan alat peraga akan mempengaruhi pemahaman matematika siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together, Alat peraga, dan Pemahaman Matematika

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:42
Last Modified: 07 Jun 2017 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item