PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEPERCAYAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL (Studi Eksperimen Di Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Cirebon

HUSNI MUBAROK, (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEPERCAYAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL (Studi Eksperimen Di Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
husni mubarok_58451068_ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HUSNI MUBAROK : “Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kepercayaan Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Aritmatika sosial (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Cirebon)” Pelajaran matematika bagi sebagian kecil siswa merupakan mata pelajaran yang paling digemari dan menjadi suatu kesenangan. Namun bagi sebagian besar siswa, pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat sulit dan tidak menyenangkan. Hal ini akan berakibat menurunnya kepercayaan siswa dan hasil belajar menjadi tidak memuaskan. Ini semua dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan inovasi pembelajaran. Salah penggunaan metode belajar yang membuat siswa aktif ketika di kelas dan siswa mampu memecahkan masalah tentang pelajaran matematika, yaitu penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah, mendeskripsikan kepercayaan pembelajaran matematika, hasil belajar siswa. Serta mendeskripsikan pengaruh penggunaaan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa, dan memdeskripsikan pengaruh kepercayaan pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu inovasi pembelajaran. Metode ini dapat membangkitkan keaktifan siswa untuk bisa memecahkan permasalahan tentang matematika sehingga akan meningkatkan kepercayaan pembelajaran matematika dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Cirebon tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 260 siswa yang terbagi menjadi 7 kelas, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu peneliti secara acak mengambil kelas VIID yang berjumlah 36 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode pembelajaran berbasis masalah, kepercayaan pembelajaran matematika dan hasil belajar siswa. Untuk pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dengan uji prasyarat yaitu normalitas, homogenitas, dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian, untuk kriteria penerimaan hipotesis untuk taraf signifikan 5% terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa sebesar 54,6%. Dan pengaruh kepercayaan pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 41,8%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:50
Last Modified: 06 Jun 2017 04:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1472

Actions (login required)

View Item View Item