STUDI TENTANG PEMANFAATAN WAKTU LUANG MAHASISWA DI KAMPUS DAN PENGARUHNYA TERHADAP INDEKS PRESTASI PADA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Irfan Fajar Fachruddin, (2013) STUDI TENTANG PEMANFAATAN WAKTU LUANG MAHASISWA DI KAMPUS DAN PENGARUHNYA TERHADAP INDEKS PRESTASI PADA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Irfan Fajar Fachruddin_OK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Irfan Fajar Fachruddin : Studi Tentang Pemanfaatan Waktu Luang Mahasiswa di Kampus dan Pengaruhnya Terhadap Indeks Prestasi pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon Setiap mahasiswa dalam perkuliahannya selalu ada jam kosong. Misalnya saat ketidakhadiran dosen, satu mata kuliah saja yang dosennya tidak hadir, waktu yang kosong ada sekitar 2 jam, belum lagi jika 2 mata kuliah yang dosennya tidak hadir, maka waktu kosong untuk menunggu dosen selanjutnya akan sekitar 4 jam bahkan bisa lebih. Maka sebagai seorang mahasiswa harusnya bisa memanfaatkan waktu kosong tersebut agar bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia. Waktu luang merupakan waktu yang tersisa dari rutinitas sehari-hari dan dimana seseorang dapat memilih aktivitasnya sendiri yang berisikan berbagai macam kegiatan baik untuk beristirahat, menambah pengetahuan, menggunakan keterampilan, relaksasi, hiburan, dan pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana mahasiswa memanfaatkan waktu luangnya saat di kampus, untuk mendeskripsikan seberapa besar indeks prestasi yang diperoleh mahasiswa, untuk membuktikan seberapa besar pengaruh pemanfaatan waktu luang terhadap indeks prestasi mahasiswa. Sepertinya hampir atau mungkin memang semua orang pernah berpikir, “Kenapa ya dia bisa lebih sukses dari saya ? Padahal sepertinya usaha saya tidak beda jauh dengan dia” . Ya, sering kali hal itu datang ke pikiran bila sedang menyaksikan orang terdekat ataupun teman sedang menuai sebuah kesuksesan. Orang-orang yang biasanya lebih sukses daripada kita umumnya lebih pandai dalam menggunakan waktu yang ada. Dalam kasus si mahasiswa, mungkin dia tidak menyadari bahwa temannya saat tidak sedang bersama itu memanfaatkan waktunya untuk membaca, melakukan latihan soal, ataupun mungkin memperbanyak ibadah dan berdoa. Memanfaatkan waktu dengan baik memang menjadi kunci sukses banyak mahasiswa dalam pencapaian indeks prestasi, jika tidak, mungkin indeks prestasi yang diperoleh akan sangat tidak memuaskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dengan populasi target yaitu seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah Tahun Akademik 2012/ 2013 dan populasi terjangkaunya adalah mahasiswa semester VI Fakultas Tarbiyah. Proportional Sampling dan Axidental Sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homegenitas, uji korelasi, uji regresi dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan waktu luang mahasiswa tergolong cukup baik, hal ini ditunjukan dengan hasil rata-rata penyebaran angket sebesar 67,86. Dalam pencapaian indeks prestasi, mahasiswa memperoleh ratarata indeks prestasi sebesar 3,09. Uji korelasi menunjukan adanya hubungan positif dengan signifikan sebesar 0,448, artinya hubungan antara pemanfaatan waktu luang dan indeks prestasi mahasiswa mempunyai hubungan yang kuat. Dari uji regresi diketahui nilai koefisiennya sebesar 0,2007, ini menunjukan adanya pengaruh pemanfaatan waktu luang terhadap indeks prestasi mahasiswa. Selanjutnya setelah dihitung koefisien determinasinya, pemanfaatan waktu luang berpengaruh sebesar 20,07% dalam pencapaian besar kecilnya indeks prestasi mahasiswa. Kata Kunci: Waktu luang, indeks prestasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:39
Last Modified: 07 Jun 2017 07:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item