IRMA HANIFAH, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIMPUNAN (Studi Eksperimen Kelas VII di SMP Negeri 3 Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
IRMA HANIFAH_59451022_ok.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
IRMA HANIFAH, (2013): “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal-soal Himpunan. (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Cirebon) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dengan menjawab benar masih rendah karena sebagian besar siswa kurang antusias menerima materi pelajaran matematika. Siswa lebih bersifat pasif dan malu mengemukakan pendapat atau ide dalam proses belajar mengajar. Agar kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal dengan menjawab benar meningkat, maka dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah strategi pembelajaran. Salah satu jenis yang digunakan adalah penggunaan strategi pembelajaran inquiry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran inquiry, untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal himpunan, dan untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidaknya penggunaan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal himpunan. Strategi pembelajaran inquiry yaitu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan berpikir secara kritis dan analitis untuk menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah. Prinsip inquiry merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, peran guru adalah sebagai pembimbing, stimulator dan fasilitator. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Cirebon yang berjumlah 281 siswa dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VII B yang diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa respon persentase item positif terbesar adalah penggunaan strategi pembelajaran inquiry (penemuan terbimbing), sangat membantu siswa untuk selalu berlatih latihan soal dengan aktif. Item negatif terbesar adalah item 5 yang menyatakan bahwa guru jarang memberikan kesempatan pada saya dalam berpendapat. Rata-rata nilai angket sebesar 77,29 sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa menyelesaikan soalsoal sebesar 80,17. Untuk pengujian normalitas, dengan uji Kolmogorov-Smirnov memperoleh nilai sig. 0,20. Nilai signifikansi < 0,05; maka berdistribusi normal. Kemudian untuk pengujian homogenitas memperoleh taraf signifikansi sebesar 0,06. Karena nilai signifikansi < 0,05; maka berdistribusi homogen. Terdapat hubungan linier dengan persamaan regresi sebesar = 1,09 X. Hasil uji hipotesis ditunjukkan bahwa hasil thitung 7,29 < harga ttabel 2,04; maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal berpengaruh secara signifikan. Dengan koefisien determinasi sebesar 62% hasil tes, sisanya sebesar 38% dipengaruhi faktor lain. Keywords: Strategi Pembelajaran Inquiry,Menyelesaikan Soal-soal
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 03:42 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1484 |
Actions (login required)
View Item |