Pengaruh Kualitas Pelayanan,Kualitas Produk Serta Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Cabang Pegadaian Syariah Cipto Kota Cirebon

Muhamad Hasyim Abdullah, (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan,Kualitas Produk Serta Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Cabang Pegadaian Syariah Cipto Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2008203138_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203138_2_bab1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
2008203138_6_bab5.pdf

Download (125kB)
[img] Text
2008203138_7_dafpus.pdf

Download (361kB)

Abstract

Salah satu problematika yang terjadi dalam pegadaian yaitu masih mempunyai ruang tunggu yang kurang memadai, lahan parkir yang masih sempit, pegawai yang kurang dalam menjalankan protokol pelayanannya, menginginkan biaya pemeliharaan yang rendah (mu’nah), nilai taksiran yang tinggi untuk produk pegadaian, menginginkan manfaat pertukaran keuangan yang cepat, menarik, terlindungi, mudah diakses, serta kemampuan memperoleh data yang tepat dan pasti kapanpun dan dimanapun yang dapat mengakibatkan kurangnya loyalitas dari nasabah terhadap lembaga keuangan tersebut. Maka kualitas pelayanan, kualitas produk dan relationship quality sangat dibutuhkan untuk mendapatkan keloyalitasan dari para nasabah. Penelitian mempunyai tujuan yaitu agar dapat mengetahui serta menganalisa seberapa pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk serta relationship quality terhadap loyalitas nasabah di Cabang Pegadaian Syariah Cipto Kota Cirebon, secara parsial maupun secara simultan. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis asosiatif. Dalam penelitian ini penulis mengunakan data primer serta data sekunder. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlahkan 185 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. teknik pengambilan sampel dan penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode Accidental Sampling, tabel yount, serta skala pengukurannya menggunakan skala likert. Metode analisis dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan Teori Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Kotler dan Griffin Kotler dan Amstrong, Huang, Sangadji dan Sopiah menyatakan kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan atas loyalitas nasabah dalam kaitannya dengan variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan relationship quality. Pada hasil penelitian ini yaitu variabel kualitas pelayanan, kualitas produk dan relationship quality mempunyai pengaruh yang signifikan secara individual variabel atau partial sebesar (kualitas pelayanan (0,344 dan sig. 0,000), kualitas produk (0,218 dan sig. 0,003), dan relationship quality (0,132 dan sig. 0,028)). Dan hasil secara bersama-sama atau secara simultan pengaruh ataupun pengaruh yang signifikan sebesar 35,595 dan sig. 0,05 serta hasil uji determinasi sebesar 0,371 atau 37,1%, sisanya 62,9% diberi pengaruh variabel lain. hal ini sejalan dengan teori yang dijelaskan diatas. Kata Kunci: Kualitas, Relationship Quality, dan Loyalitas Nasabah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:08
Last Modified: 05 Mar 2025 02:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14924

Actions (login required)

View Item View Item