Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BMT NU Sejahtera Astanajapura Cirebon

Yayah Subkiyah, (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BMT NU Sejahtera Astanajapura Cirebon. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2008203158_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203158_2_bab1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
2008203158_6_bab5.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2008203158_7_dafpus.pdf

Download (184kB)

Abstract

Tujuan dari penelituan ini yaitu untuk menganalisis apakah kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di BMT NU Sejahtera Astanajapura Cirebon.Seiring dengan berkembangnya dunia bisnis, lembaga keuangan memiliki peran yang sangat penting, BMT termasuk kedalam perusahaan jasa yang perlu mewujudkan kepuasan pelanggannya yang akan menimbulkan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu berupa interview, penyebaran kuestioner, observasi, studi kepustakaan serta dokumentasi. Populasi yang digunakan peneliti yaitu nasabah BMT NU Sejahtera Astanajapura Cirebon dengan rumus slovin dari jumlah keseluruhan nasabah 200 dan yang dijadikan sampel hanya 67 nasabah. Terdapat beberapa uji yang digunakan penelitian yaitu uji kualitas data yaitu uji validasi, uji reliabilitasi, uji asumsi klasik, uji normalitas data, multikolinearitas, heteroskedastisitas dan uji linearitas untuk menguji hipostesis. Selain itu terdapat pula uji Regresi linear berganda diantaranya terdapat uji f dan uji t. Data tersebut dianalisis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas nasabah BMT NU Sejahtera Astanjapura. Hal ini terjadi karena nasabah pada BMT NU Sejahtera selalu konsisten menggunakan produk dan jasa pelayanan keuangan pada lembaga tersebut. Dapat dilihat dari R Square 0,874 atau 87,4% dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Artinya terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Kata kunci: kualitas pelayanan; kepuasan nasabah; loyalitas nasabah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Mar 2025 02:54
Last Modified: 05 Mar 2025 02:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14925

Actions (login required)

View Item View Item