ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR GEOMETRI (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kaliwedi Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon )

LAELATIS SYARIFAH, (2013) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR GEOMETRI (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kaliwedi Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LAELATIS SYARIFAH_59451073_ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

LAELATIS SYARIFAH: Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Keterampilan Berpikir Geometri (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kaliwedi Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon) Pada prinsipnya setiap siswa berhak memperoleh peluang untuk mencapai kinerja akademik yang memuaskan. Namun dari kenyataan sehari-hari tampak jelas bahwa siswa itu memiliki perbedaan dalam hal kemampuan intelektual, kemampuan fisik, latar belakang keluarga, kebiasaan dan pendekatan belajar yang terkadang sangat mencolok antara siswa dengan siswa yang lainnya. Sementara itu penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah pada umumnya ditujukan kepada siswa yang berkemampuan rata-rata, sehingga siswa yang berkemampuan lebih atau yang berkemampuan kurang menjadi terabaikan. Dari sini kemudian timbullah apa yang disebut dengan kesulitan belajar yang bisa dialami oleh siapa saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa menurut tanggapan siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 kaliwedi, serta untuk mengetahui tingkat analisis kesulitan belajar siswa karena faktor intern dan faktor ekstern. Pada proses pendidikan termasuk tahap belajar siswa membutuhkan pamahaman. Walaupun setiap orang berbeda kemampuan tingkat pemahamannya, dalam mencapai tahap tersebut tidak selalu lancar seperti adanya kesulitan belajar. Masalah kesulitan dalam memahami materi matematika itu sudah merupakan problema umum dan khas dalam proses pembelajaran, termasuk juga geometri. Dalam proses pembelajaran geometri sendiri tentunya menemukan kesulitan-kesulitan. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa tersebut bisa diakibatkan oleh faktor intern dan faktor ekstern. Penelitian ini mengambil populasi kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi, sedangkan subjek penelitian ini terpilih satu kelas yaitu kelas VIII A sebanyak 37 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan melihat nilai ulangan harian siswa, angket dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VIII A di SMP Negeri 1 kaliwedi Kabupaten Cirebon yang paling dominan dipengaruhi oleh faktor, hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian yang menunjukkan hanya 70% siswa yang tuntas, (2) Untuk tingkat kesulitan belajar yang dialami oleh siswa karena faktor intern adalah aspek bakat yaitu pemhaman dan kemampuan menyelesaikan soal geometri kategori lemah sebesar 27,92% sehingga dapat dikatakan sebagian kecil siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal geometri. Untuk tingkat kesulitan belajar yang dialami oleh siswa karena faktor ekstern semuanya berkategori sangat lemah Jadi faktor yang sangat mempengaruhi siswa dalam keterampilan berpikir geometria adalah faktor intern.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Mar 2017 06:55
Last Modified: 12 Jun 2017 03:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1495

Actions (login required)

View Item View Item