ALIVIA, LUTFIANI (2024) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN TANAMAN OBAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI KELAS X. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.
![]() |
Text
1808106186_1_cover.pdf Download (14MB) |
![]() |
Text
1808106186_2_bab1.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
1808106186_6_bab5.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
1808106186_7_dafpus.pdf Download (469kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengetahui bahwa validitas Booklet jenis tumbuhan obat hasil identifikasi sebagai media pembelajaran dari ahli materi dan media, (2) mengetahui kepraktisan Booklet jenis tumbuhan obat hasil identifikasi sebagai media pembelajaran dari ahli materi dan media, dan (3) mengetahui efektifitas Booklet jenis tumbuhan obat hasil identifikasi sebagai media pembelajaran dari ahli materi dan media. Metode Penelitian menggunakan model ADDIE, tempat penelitian di SMA Negeri 4 Kota Cirebon, sampelnya tentukan dengan random sampling sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu lembar validator, Angket Respon dan Booklet. Hasil Penelitian: (1) Validasi Bookletjenis tumbuhan obat hasil identifikasi sebagai media pembelajaran dari ahli materi dan media. Berdasarkan hasil analisis data kevalidan Booklet, maka hasil penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran berupa Booklet dianggap valid dan layak digunakan, (2) Efektivitas Booklet jenis tumbuhan obat hasil identifikasi sebagai media pembelajaran dari ahli materi dan media. Booklet jenis tumbuhan obat yang dikembangkan efektif karena memenuhi empat indikator yaitu meliputi (a) rata-rata nilai biologi siswa yang menggunakan Bookletjenis tumbuhan obat mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM = 75); (b) proporsi ketuntasan siswa pada produk pengembangan Booklet jenis tumbuhan obatyang telah mencapai KKM sebanyak 75%; (c) Booklet jenis tumbuhan obat mempunyai pengaruh positif; (d) pencapaian Booklet jenis tumbuhan obat lebih baik daripada pencapaian siswa pada kelas yang tidak menggunakan Booklet jenis tumbuhan obat dalam proses pembelajarannya, dan (3) Kepraktisan Booklet jenis tumbuhan obat hasil identifikasi sebagai media pembelajaran dari ahli materi dan media. Tingkat kepraktisan Booklet jenis tumbuhan obat yang telah dikembangkan memperoleh kategori praktis berdasarkan respons siswa, lalu Respons Terhadap Media (Booklet jenis tumbuhan obat) menunjukkan kategori Sangat praktis, serta Respons Terhadap Media (Booklet jenis tumbuhan obat) menunjukkan kategori Sangat praktis.
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:23 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |