VENTY MELINDA, (2013) PENERAPAN MODUL ONLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH DI SMA NEGERI 3 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
VENTY MELINDA_58461242_ok-min.pdf Download (494kB) | Preview |
Abstract
VENTY MELINDA: Penerapan Modul Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Pertahanan Tubuh di SMA Negeri 3 Kota Cirebon Pemilihan bahan ajar yang efektif merupakan salah satu tugas guru. Semakin majunya perkembangan teknologi menuntut setiap orang dalam hal ini khususnya guru harus dapat berinteraksi dengan teknologi, guru harus memanfaatkan teknologi informasi untuk menyusun bahan ajar. Salah satu bentuk bahan ajar yang dapat diterapkan dengan memanfaatkan majunya perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi adalah modul online. Penelitian ini bertujuan mengkaji hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan modul online, mengkaji hasil belajar siswa pada kelas yang tidak menerapkan modul online dan perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan modul online dengan kelas yang tidak menerapkan modul online serta mengkaji respon siswa terhadap penerapan modul online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian randomized pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas diambil dari populasi yang berjumlah empat kelas dengan teknik random sampling, kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 42 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa tes dan angket. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan cara analisis kuantitatif yaitu dengan cara uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Sebelumnya peneliti melakukan uji coba instrumen untuk memperoleh validitas dan realibilitas data yang akan digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh hasil peningkatan belajar lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil gain kelas eksperimen yakni 0,49 lebih besar daripada rata-rata gain kelas kontrol 0,27. Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan modul online dengan yang tidak menerapkan pembelajaran modul online, hal ini berdasarkan hasil uji t α = 0,000 lebih kecil dari 0.05 artinya Ha diterima. Hal ini juga diperkuat dengan rerata persentase angket yaitu sebesar 72,62 % yang memiliki kriteria intrepretasi kuat, artinya siswa sangat merespon positif terhadap penerapan modul online. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan modul online dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Penerapan pembelajaran dengan modul online layak digunakan sebagai rujukan bahan ajar dalam pesatnya perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini. Kata Kunci : Modul Online, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 08:33 |
Last Modified: | 31 Mar 2017 08:35 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1503 |
Actions (login required)
View Item |