DAWUD, (2024) PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL LAB BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BIOTEKNOLOGI DI KELAS 10 SMAN 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.
![]() |
Text
2008106020_1_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2008106020_2_bab1.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
2008106020_6_bab5.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
2008106020_7_dafpus.pdf Download (214kB) |
Abstract
Rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di salah satu sekolah terdapat di wilayah Cirebon masih rendah. Diperlukan strategi pembelajaran yang dapat memicu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu mengkaji aktivitas siswa saat pembelajaran menggunakan media virtual lab berbasis STEM dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa, menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media virtual lab berbasis STEM dengan yang tidak menggunakan virtual lab berbasis STEM, dan mendeskripsikan respons siswa selama pembelajaran biologi terhadap penggunaan media virtual lab berbasis STEM. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 8 Cirebon dengan sampel kelas X 7 dan kelas X 11 dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh persentase rata-rata aktivitas selama proses pembelajaran penerapan media virtual lab berbasis STEM sebesar 71% dengan kualifikasi baik. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran dengan penerapan media virtual lab berbasis STEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan media virtual lab berbasis STEM dengan kelas kontrol yang tanpa perlakuan dengan nilai signifikansi dari hasil uji independent sample T-Test sebesar 0,040 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Respon siswa pada penerapan media virtual laboratorium berbasis STEM memperoleh rata-rata persentase 78,4% dengan kategori baik. Rata-rata keseluruhan siswa memberikan tanggapan positif, sehingga mengindikasi bahwa siswa menyukai kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Rekomendasi penelitian selanjutnya yaitu diharapkan dalam pembelajaran dengan media virtual laboratorium berbasis STEM perlu ditambahkan lagi macam-macam virtual lab nya tidak hanya kloning gen dan pewarnaan gram stein saja agar siswa lebih memahami semua materi bioteknologi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 06:07 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 06:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |