USWATUN HASANAH, (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS BUDAYA LOKAL SEDEKAH BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP WAHIDIN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
USWATUN HASANAH_59461290_OK-min.pdf Download (590kB) | Preview |
Abstract
USWATUN HASANAH : Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Budaya Lokal Sedekah Bumi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pengelolaan Lingkungan Siswa Kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon. Proses belajar mengajar merupakan proses komunikasi guru dan siswa sehingga terjadinya interaksi yang membangun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan proses belajar mengajar ini dapat dicapai apabila ditunjang oleh berbagai seperti metode dan trategi pembelajaran. Materi pembelajaran yang diambil dari budaya masyarakat dapat membantu dalam pembelajaran, dikatakan karena untuk mempermudah siswa dalam memahami materi dan budaya disekitar daerahnya, sehingga dapat meningkatkan mutu dalam proses kegiatan belajar mengajar, belajar IPA (sains) memerlukan daya ingat yang kuat karena isi materi lebih banyak hafalanya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan pembelajaran berbasis budaya lokal sedekah bumi. permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh penerapan pembelajaran biologi berbasis budaya lokal sedekah bumi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran biologi berbasis budaya lokal sedekah bumi di kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli tahun ajaran 2012/2013. Kelas eksperimen penelitian ini adalah kelas VIIG dengan jumlah siswa 36 orang, sedangkan kelas VIIE sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan angket, kemudian data dianalisis dengan ujinormalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya menunjukan peningkatan dengan kriteria sedang, dengan nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,37 sedangkan untuk kelas eksperimen nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,58. (2) Hasil uji sataistik menunjukan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. (3) Hasil uji anova menunjukan bahwa penerapan pembelajaran biologi berbasis budaya lokal lebih cocok dikelompok atas dan bawah (4) Presentase rata-rata angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 65% dengan kriteria sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol, pembelajaran berbasis budaya lokal lebih cocok diterapkan di kelompok atas dan bawah dan siswa merespon sangat baik penerapan pembelajaran berbasis budaya lokal. Kata kunci : pembelajaran berbasis budaya lokal, sedekah bumi, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 08:39 |
Last Modified: | 31 Mar 2017 08:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1504 |
Actions (login required)
View Item |