Akhmad Firdaus, (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KOLABORASI ANTAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.
![]() |
Text
2008106074_1_cover.pdf Download (737kB) |
![]() |
Text
2008106074_2_bab1.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
2008106074_6_bab5.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
2008106074_7_dafpus.pdf Download (298kB) |
Abstract
Keterampilan abad ke-21 merupakan kumpulan aspek yang dianggap sangat penting dalam kontribusi perkembangan di masa sekarang, mencakup beberapa aspek seperti penelitian model Project Based Learning (PjBL) terutama untuk kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Basd Learning (PjBL) dalam pembelajaran Biologi pada kelas X di SMAN 8 Kota Cirebon, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Basd Learning (PjBL) pada kelas X di SMAN 8 Kota Cirebon, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Basd Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi antar siswa kelas X.Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota cirebon dengan populasi sampel kelas X2 dan X3 dengan jumlah masing-masing 36 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Quasi eksperimental design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal, dan angket peer asessment. Hasil penelitian ini adalah Penerapan model PjBL ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan sangat efektif, Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas siswa sebesar 87,49%. Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan kreativitas yang signifikan antara siswa yang diterapkan model PjBL dengan siswa yang tidak diterapkan model Project Based Learning Respon siswa terhadap kolaborasi melalui angket peer asessment rata-rata kepuasan dari penilaian teman sejawat mencapai presentase 79,16% dengan angka ketidakpuasanya berkisar 20,84%, pada kelas kontrol tingkat ketidakpuasan yang didapatkan memiliki presentase yang cukup besar, yaitu berkisar 34%, artinya tingkat kolaborasi diantara mereka masih belum terjalin dengan baik.
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 08:12 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 08:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15052 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |