TITO EKA RAHMATULLAH, (2013) PERSEPSI SISWA TERHADAP GAYA KOMUNIKASI GURU BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI MAN RAJAGALUH. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
TITO EKA RAHMATULLAH_OK-min.pdf Download (594kB) | Preview |
Abstract
Tito Eka Rahmatullah. NIM. 59461288. Persepsi Siswa Terhadap Gaya Komunikasi Guru Biologi dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPA di MAN Rajagaluh. Pendidikan pada dasarnya merupakan proses komunikasi yang teroganisasi yang diselenggarakan di lingkungan sekolah. Dalam konteks ini, maka peranan guru menjadi semakin penting dan strategis. Sebab interaksi yang berlangsung antara guru dan siswa merupakan mata rantai yang menghubungkan guru sebagai penyampai pesan ajar dengan siswa sebagai penerima pesan yang berupa pengetahuan. Di mana interaksi dengan siswa dalam pertemuan di kelas atau pun di luar kelas, guru harus mampu menciptakan komunikasi yang baik dengan dan antar sesama siswa karena guru merupakan orang tua kedua di sekolah yang mengetahui betul seperti apa tingkah laku siswanya. Dalam hal ini kemampuan gaya komunikasi dari seorang guru akan menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses pendidikan dan pembelajaran. Dengan melakukan pendekatan dengan cara berkomunikasi layaknya orang tua kepada anaknya diharapkan akan timbul rasa percaya diri pada anak sehingga akan timbul pula motivasi pada dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran gaya komunikasi guru biologi, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa, dan untuk mengetahui hubungan antara gaya komunikasi guru biologi dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPA di MAN Rajagaluh. Pendekatan dalam menyusun skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data empirik dan teoritik. Adapun untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MAN Rajagaluh yang berjumlah 60 siswa, dan penelitian ini merupakan penelitian populasi karena subyek yang di teliti kurang dari 100. Dari analisis data pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara gaya komunikasi guru biologi dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPA di MAN Rajagaluh dengan rhitung sebesar 0,546 dengan tingkat hubungan yang kuat. Dan dari hasil analisis ststistik pula menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari harga alpha (α = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya komunikasi guru biologi dengan motivasi belajar siswa kelas XI IPA di MAN Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Kata Kunci: Gaya Komunikasi, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 08:51 |
Last Modified: | 31 Mar 2017 08:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1506 |
Actions (login required)
View Item |