Raihany Putri Aji, (2024) GAYA BERBICARA PADA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI SMP NEGERI 4 PALIMANAN KABUPATEN CIREBON SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL AJAR TEKS DISKUSI. Bachelor thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia.
![]() |
Text
2008110047_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2008110047_2_bab1.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
2008110047_6_bab5.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
2008110047_7_dafpus.pdf Download (314kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan gaya bicara berdasarkan jenis kelamin pada siswa laki-laki dan perempuan di SMP Negeri 4 Palimanan Kabipaten Cirebon, (2) untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang memengaruhi gaya bicara berdasarkan jenis kelamin pada siswa laki-laki dan perempuan di SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon. (3) untuk Mendeskripsikan pemanfaatan analisis perbedaan bahasa siswa laki-laki dan perempuan di SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon sebagai modul ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif kajian sosiolinguistik teori sumarsono. Waktu penelitian ini dimulai dari bulan Januari 2024 sampai dengan Mei 2024. Sumber data diperoleh dari siswa laki-laki dan perempuan kelas 7D, 8D, dan 9F di SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon. Datanya berupa tuturan siswa laki-laki dan perempuan kelas 7D, 8D, dan 9F SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon yang mengandung aspek berbedaan bahasa dan jenis kelamin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode simak dengan teknik dasar nya yaitu teknik sadap. Metode tingkat lanjut yang di terapkan yaitu teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC) dengan teknik lanjutan yang ketiga yaitu teknik rekam dan terakhir teknik lanjutan nya adalah teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kartu data untuk mencatat seluruh data yang telah diperoleh dari hasil penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan. Metode padan yang digunakan adalah padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 42 data. Berdasarkan dari hasil analisis perbedaan bahasa, terdapat 3 aspek perbedaan. Mulai dari gerak anggota badan dan ekspresi wajah 15 data, suara dan intonasi 12 data, dan sikap sosial dan kejantanan 15 data. Simpulan dari ketiga kelas tersebut bahwa kelas VII D memiliki perbedaan yang mencerminkan bahwa laki-laki lebih cenderung menunjukkan agresi fisik dan verbal, sementara perempuan lebih ekspresif secara emosional dan menunjukkan dukungan sosial melalui kata-kata dan ekspresi wajah yang lebih halus, kelas VIII D memiliki perbedaan yang mencerminkan bahwa laki-laki cenderung menunjukkan sikap yang lebih tegas dan agresif dalam ekspresi fisik dan verbal mereka, sementara perempuan cenderung menunjukkan sikap yang lebih lembut dan ramah dalam interaksi sosial mereka. Dan kelas IX F memiliki perbedaan yang mencerminkan bahwa laki-laki cenderung menunjukkan ekspresi yang lebih tegas dan terdengar lebih lantang dalam berbicara, sementara perempuan menunjukkan respon yang lebih beragam dan ekspresif dalam interaksi sosial mereka. Faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan bahasa siswa laki-laki dan perempuan di SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon yaitu konteks sosial dan interaksi yang mereka hadapi sehari-hari
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 07:05 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 07:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |