UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA IPS

Yeti Nurizzati, YN (2012) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA IPS. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1 (2). pp. 93-108. ISSN 22529942

[img] Text (Berpikir Kritis dan Kreatif)
327 - Published Version

Download (20kB)

Abstract

93 Jurnal Edueksos Vol I No 2, Juli - Desember 2012 UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MAHASISWA IPS Yeti Nurizzati ABSTRAK Pesatnya perkembangan zaman, menuntut dunia pendidikan mampu mencetak mahasiswa yang mampu bersaing dalam dunia kerja, dan mampu bertahan terhadap seleksi sosial yang berlaku di masyarakat. Apalagi mahasiswa IPS, dimana lulusannya berhadapan langsung dengan masyarakat dan diharapkan mampu memberikan solusi terhadap isu sosial yang muncul di masyarakat. Hal ini menuntut mahasiswa IPS untuk mampu berpikir kritis dan kreatif. Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa IPS dapat dilakukan melalui pembelajaran berbasis kontekstual (CTL), pembelajaran berbasis penyelesaian masalah (CPS), pemilihan media dan sumber referensi yang sesuai, serta mengajarkan konsep, generalisasi, isu sosial dan berbagai keterampilan IPS. Kata Kunci : Berpikir kritis dan kreatif, Contextual Teaching and Learning (CTL), Creative Problem Solving (CPS)

[error in script]
Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:02
Last Modified: 04 Apr 2017 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item