Yeti Nurizzati, YN (2014) KETERTOLAKAN LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3 (1). pp. 135-152. ISSN 22529942
Text (Ketertolakan Laporan PTK)
273 - Published Version Download (20kB) |
Abstract
Abstrak Semenjak guru dituntut secara professional untuk melakukan penelitian, maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mulai diminati oleh guru. Mereka beramai - ramai melakukan PTK di kelas -kelas masing- masing. Yang menjadi permasalahan adalah ketika hasil penelitian mereka diajukan ke dewan penilai untuk mendapatkan kum, dimana beberapa dari hasil penelitian mereka tertolak. Salah satunya adalah karena ditemukan beberapa kesalahan yang terdapat pada laporan hasil PTK. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau “classroom action research”adalah penelitian yang bersifat reflektif, dilakukan oleh pelaku tindakan (guru) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kesalahan yang ada pada laporan hasil PTK yang menyebabkan tertolaknya hasil PTK oleh dewan pe nilai dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu kesalahan umum, kesalahan khusus, dan kesalahan lain. Oleh karena itu, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar PTK berhasil yaitu kesediaan untuk mengakui kekurangan diri, kesempatan yang memadai untuk menemukan sesuatu yang baru, dorongan untuk mengemukakan gagasan baru, waktu yang tersedia untuk melakukan percobaan, kepercayaan timbal balik antar orang- orang yang terlibat, dan pengetahuan tentang dasar - dasar proses kelompok oleh peserta penelitian. Kata Kunci : Ketertolakan, PTK, Kesalahan, Keberhasilan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi |
Depositing User: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Date Deposited: | 05 Apr 2017 01:25 |
Last Modified: | 05 Apr 2017 01:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1514 |
Actions (login required)
View Item |