Isnaeni Fajriyanti, (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA DIKALANGAN SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK PELITA JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu pengetahuan Sosial.
![]() |
Text
2008104032_1_cover.pdf Download (741kB) |
![]() |
Text
2008104032_2_bab1.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
2008104032_6_bab5.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
2008104032_7_dafpus.pdf Download (153kB) |
Abstract
Rendahnya minat dan motivasi terhadap kemampuan berwirausaha siswa jurusan pemasaran untuk berwirausaha menjadi tantangan bagi guru. Berbagai upaya di lakukan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan terutama di Jurusan Pemasaran agar dapat meningkatkan kemampuan berwirausaha siswa dan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha siswa yang selama ini hanya berminat sebagai pencari kerja setelah menyelesaikan masa sekolahnya. Peran pendidikan kewirausahaan sangatlah penting dalam menumbuhkan minat berwirausaha siswa. Pendidikan kewirausahaan di SMK pada intinya adalah menciptakan inovasi, kreativitas, mendidik siswa untuk melakukan perubahan dengan proses kerja yang sistematik. Pendidikan kewirausahaan bertujuan untuk membentuk siswa secara utuh, memiliki karakter, pemahaman, dan ketrampilan sebagai wirausaha. Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), terdapat pelajaran kewirausahaan agar dapat mempersiapkan siswa untuk berwirausaha. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha di kalangan siswa Jurusan Pemasaran SMK Pelita Jatibarang kabupaten Indramayu. (2) Bagaimana kemampuan berwirausaha siswa Jurusan pemasaran di kalangan SMK Pelita Jatibarang kabupaten Indramayu. (3) Bagaimana faktor pendorong dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha di kalangan siswa Jurusan Pemasaran SMK Pelita Jatibranag kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subyek penelitian adalah guru produktif dan kaprodi jurusan pemasaran, siswa jurusan pemasaran dan wakasek kurikulum. Validitas data penelitian ini diperoleh dengan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada upaya guru dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha melakukan motivasi agar terciptanya kemampuan siswa yang kreatif dapat dituangkan dalam kegiatan bazaar yang dilakukan setiap tahun sekali. Selain itu dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha siswa seperti adanya guru tamu, penerapan digital marketing dan business center yang dilakukan oleh siswa jurusan pemasaran agar mereka berinovasi dan dapat tumbuh mengatasi persoalan yang ada di bisnis center dan juga adanya guru tamu dapat lebih membekali siswa untuk kedepannya. Terdapat faktor upaya guru yaitu siswa cendurung malu untuk mulai melakukan kegiatan berwirausaha tetapi guru selalu memberikan dukungan dan wawasan kepeda mereka agar siap dengan tujuan tag line SMK Pelita Jatibarang yaitu Siap bekerja dan berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 04:18 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 04:18 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |