Lailatus Shiyam, (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DISEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ALWASHLIYAH SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam.
![]() |
Text
2008109029_1_cover.pdf Download (876kB) |
![]() |
Text
2008109029_2_bab1.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
2008109029_6_bab5.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
2008109029_7_dafpus.pdf Download (154kB) |
Abstract
Rendahnya tingkat konsentrasi pada siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, mengakibatkan kurang optimalnya hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, memperbaiki manajemen kelas, dan membudayakan kedisiplinan. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui strategi manajemen kelas dalam peningkatan kedisiplinan siswa di SMP Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam implementasi manajemen kelas di SMP Al Washliyah Sumber Kabupaten Cirebon. (3) Untuk mengetahui alternatif solusi hambatan pada manajemen kelas di SMP Al Washliyah Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian ini menggunakan fenomenologi. Pengumpulan pada informan tersebut dilakukan dengan wawancara untuk mengetahui informasi, observasi kondisi lapangan dan dokumentasi dari pengumpulan data yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi manajemen kelas agar pembelajaran aktif dan kolaboratif berjalan aktif, ruang yang fleksibel memungkinkan siswa bergerak bebas. Selain itu pengaturan tempat duduk yang mendukung interaksi tatap muka antara guru dan siswa sangat penting. Suhu, ventilasi, dan pencahayaan yang memadai juga perlu diperhatikan. Ketersediaan fasilitas dan peralatan belajar yang lengkap akan menunjang kelancaran proses pembelajaran. Proses pembelajaran sangat bergantung pada perencanaan yang matang, pengorganisasian yang efektif, pelaksanaan dan pengawasan yang konsisten. Peraturan tata tertib tentang kedisiplinan sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Ketetapan waktu tidak hanya membantu siswa tidak ketinggalan pelajaran, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai penting seperti tanggung jawab dan menghargai waktu. Faktor pendukung manajemen kelas adalah upaya guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal agar proses pembelajaran berjalan efektif dan efisien (2) Faktor penghambat perilaku siswa di dalam kelas merupakan hasil interaksi antara faktor internal dan eksternal. (3) Alternatif solusi manajemen kelas yang efektif melibatkan perencanaan yang matang, pengaturan lingkungan fisik yang baik serta membangun hubungan yang positif dengan siswa. Tujuan utamanya adalah menciptakan suasana belajar yang mendukung keberhasilan setiap siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 02:42 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 02:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |