SULISTIANI DARUSMAN, (2024) ANALISIS MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 KABUPATEN CIREBON MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING. Bachelor thesis, s1 - Tadris Matematika.
![]() |
Text
2008105010_1_cover.pdf Download (759kB) |
![]() |
Text
2008105010_2_bab1.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
2008105010_6_bab5.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
2008105010_7_dafpus.pdf Download (166kB) |
Abstract
Minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa di tingkat sekolah menengah merupakan faktor kritis dalam menentukan kesuksesan siswa. Keduanya saling terkait erat, di mana minat belajar yang tinggi dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika. Begitu pula dengan apa yang peneliti temukan di lapangan. Minat belajar dan pemahaman konsep siswa di MTs Negeri 2 Cirebon cukup bervariasi. Untuk itu minat belajar dan pemahaman matematika perlu dikelompokkan supaya guru bisa menerapkan metode untuk kegiatan belajar mengajar yang tepat dan menjadi bahan pertimbangan. Salah satu metode clustering yang dapat digunakan adalah K-Means. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui clustering/pengelompokan berdasarkan pada minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa di MTs Negeri 2 Kabupaten Cirebon menggunakan metode k-means clustering. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menerapkan metode k-means clustering. Populasinya seluruh siswa MTs Negeri 2 Kabupaten Cirebon, dengan sampel sebanyak 50 siswa kelas VIII. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran angket minat belajar matematika siswa serta nilai PAS dan keterampilan untuk tingkat pemahaman konsep matematika siswa. Diperoleh masing-masing 3 cluster dengan tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Pada tingkat minat belajar matematika siswa, cluster 1 memiliki 10 anggota dengan rata-rata skor yakni 91,30, cluster 2 memiliki 20 dengan rata-rata skor yakni 80,80, cluster 3, memiliki 20 anggota dengan rata-rata skor yakni 69,95. Lalu pada tingkat pemahaman konsep matematika siswa, cluster 1, memiliki 8 anggota dengan rata rata nilai PAS 87,00 dan rata-rata nilai keterampilan 87,28. Cluster 2 memiliki 17 anggota dengan rata-rata nilai PAS 80,94 dan rata-rata nilai keterampilan 86,49. Cluster 3, memiliki 25 anggota dengan rata-rata nilai PAS 77,32 dan rata-rata nilai keterampilan 87,26.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 05:19 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 05:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |