PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR

ZAKIYATUS SHOLIKHAH, (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Bachelor thesis, S1 - Tadris Matematika.

[img] Text
2008105045_2_bab1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2008105045_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008105045_6_bab5.pdf

Download (149kB)
[img] Text
2008105045_7_dafpus.pdf

Download (254kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini memungkinkan siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah secara logis dan terstruktur. Namun, tidak semua siswa memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang sama, dan hal ini dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti kepercayaan diri, yaitu sejauh mana siswa yakin terhadap kemampuannya untuk berhasil dalam menyelesaikan masalah, serta faktor eksternal seperti gaya belajar, yaitu cara unik yang digunakan siswa dalam memahami dan mengolah informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hubungan dan pengaruh kedua faktor tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 26 siswa kelas IX I SMPN 1 Arjawinangun. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri dan gaya belajar, sedangkan variabel terikatnya adalah berpikir kritis. Teknik pengambilan data diperoleh melalui tes dan angket serta dianalisis menggunakan uji non parametrik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki hubungan erat dan positif dengan kemampuan berpikir kritis siswa, terbukti dari koefisien Spearman sebesar 0,702 dan signifikansi 0,000 (< 0,05). Sebaliknya, gaya belajar memiliki hubungan yang sangat lemah dengan kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien Spearman sebesar 0,164 dan signifikansi 0,424 (> 0,05), sehingga tidak signifikan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya meningkatkan kepercayaan diri untuk mendukung berpikir kritis, sementara gaya belajar kurang berpengaruh secara langsung. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi faktor lain seperti metode pembelajaran atau motivasi siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Mar 2025 05:30
Last Modified: 25 Mar 2025 05:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15206

Actions (login required)

View Item View Item