Ashary Ramdhani, (2025) TREM-C SEBUAH PENDEKATAN INTEGRATIF UNTUK PENDIDIKAN GENERASI HOLISTIK (SAINS, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, MATHEMATIC – CULTURE (STREM-C)). Masters thesis, S 3- PAI.
![]() |
Text
Buku STREM-C Sebuah Pendekatan Integratif untuk Pendedidikan Generasi Holistik_removed-Repository.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sebagai seorang akademisi yang telah lama berkecimpung dalam dunia pendidikan, saya melihat adanya inspirasi besar dalam isi buku ini, yang menawarkan pendekatan holistik dalam pendidikan. Buku ini menekankan pentingnya keseimbangan antara sains dan etika dalam membentuk generasi unggul—sebuah konsep yang sangat relevan dengan tantangan pendidikan modern. Lebih dari sekadar transfer ilmu, pendidikan harus menjadi sarana pembentukan karakter yang kuat, berakar pada budaya, serta dilandasi oleh nilai-nilai moral dan agama. Buku ini dirancang secara istimewa bagi Civitas Akademika di lingkungan Pondok Pesantren yang menyelenggarakan sekolah formal. Sebagai institusi yang menggabungkan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam dengan kurikulum akademik modern, pesantren memiliki tantangan unik dalam menyelaraskan ilmu pengetahuan dan spiritualitas. Dengan pendekatan pembelajaran yang integrative dari STREM-C, buku ini diharapkan dapat menjadi panduan yang relevan dalam menciptakan sistem pembelajaran yang mengintegrasikan sains, teknologi, agama, rekayasa, matematika, dan budaya, secara lebih mudah dan praktis, serta menjunjung keraifan local pesantren sehingga tidak luntur dengan kemajuan zaman, sains dan teknologi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 09 May 2025 08:36 |
Last Modified: | 09 May 2025 08:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15268 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |