Pengaruh Brand Image Brand Awareness Dan Harga Tiket Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Obyek Wisata Kejawanan

Anggita Umi Hani, (2025) Pengaruh Brand Image Brand Awareness Dan Harga Tiket Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Obyek Wisata Kejawanan. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204002_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108204002_2_bab1.pdf

Download (773kB)
[img] Text
2108204002_6_bab5.pdf

Download (200kB)
[img] Text
2108204002_7_dafpus.pdf

Download (273kB)

Abstract

Pariwisata merupakan sektor strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, termasuk di Kota Cirebon yang memiliki berbagai destinasi unggulan, salah satunya Pantai Kejawanan. Meskipun memiliki daya tarik tersendiri, data menunjukkan bahwa kunjungan wisatawan ke Pantai Kejawanan mengalami fluktuasi setiap bulannya. Fenomena ini menunjukkan adanya persoalan dalam pengelolaan daya tarik wisata, khususnya yang berkaitan dengan brand image, brand awareness, dan harga tiket yang ditawarkan. Ketiga faktor ini diduga memengaruhi keputusan wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand awareness, dan harga tiket terhadap keputusan berkunjung wisatawan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 98 wisatawan di Pantai Kejawanan, dengan teknik pengambilan sampel acak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand image dan Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam memilih Pantai Kejawanan sebagai destinasi wisata. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik citra dan kesadaran merek suatu destinasi, semakin besar kemungkinan wisatawan untuk berkunjung. Sementara itu, harga tiket tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan, yang menunjukkan bahwa wisatawan lebih mempertimbangkan pengalaman dan daya tarik wisata dibandingkan dengan biaya masuk. Kata kunci: Brand image, Brand awareness, Harga Tiket, Keputusan Berkunjung, Pariwisata.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:28
Last Modified: 18 Jul 2025 07:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item