Kontribusi Masjid Syi’arul Islam terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Kuningan: Studi Historis dan Kontemporer

Hidayati Azhari, (2025) Kontribusi Masjid Syi’arul Islam terhadap Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Kuningan: Studi Historis dan Kontemporer. Bachelor thesis, SI- Sejarah Kebudayaan Islam UINSSC.

[img] Text
2108301031_1_cover.pdf

Download (714kB)
[img] Text
2108301031_2_bab1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
2108301031_6_bab5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
2108301031_7_dafpus.pdf

Download (230kB)

Abstract

Berdirinya Masjid Syi’arul Islam diinisiasi oleh umat Muslim Kuningan dengan harapan agar masjid ini menjadi pusat penyebaran nilai-nilai Islam yang memberikan rahmat bagi seluruh alam, dengan itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi masjid Syi’arul Islam dalam kehidupan sosial keagamaan masyarakat, terutama masyarakat kuningan, baik secara historis maupun kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan; (1) heuristik, (2) verifikasi, (3) interpretasi, dan (4) historiografi. Selain itu, penulis juga menggunakan metode studi pustakan dan wawncara kepada pihak yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Masjid Syi’arul Islam didirikan pada tahun 1955. Sejak awal berdirinya hingga saat ini, Masjid Syi'arul Islam berfungsi sebagai ruang inklusif yang terbuka bagi berbagai kelompok Muslim. Melampaui fungsi utamanya sebagai tempat beribadah, Masjid Syi'arul Islam di Kuningan juga berperan sebagai pusat kehidupan sosial keagamaan yang dinamis dan merangkul semua kalangan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Masjid Syi’arul Islam Kuningan, Sosial, Kegiatan, Masyarakat, Umat Muslim.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Sejarah Kebudayaan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:07
Last Modified: 23 Jul 2025 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15511

Actions (login required)

View Item View Item