Mamat, (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MICROSOFT MATHEMATICS 4.0 TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN LIMIT FUNGSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MAMAT_59451079_ok.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Mamat. NIM 59451079. “PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MICROSOFT MATHEMATICS 4.0 TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN LIMIT FUNGSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Agustus 2013. Pada dasarnya pendidikan merupakan interaksi antara pendidik dan peserta didik untuk tercapainya suatu tujuan pendidikan, yang berlangsung dalam lingkungan tertentu. Interaksi tersebut merupakan proses belajar mengajar. Keberhasilan guru menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kelancaran interaksi komunikasi antara guru dan siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya perantara/media. Salah satu jenis media pembelajaran yang berbasis komputer adalah program Microsoft Mathematics 4.0, program Microsoft Mathematics 4.0 merupakan aplikasi komputer yang dirancang untuk mendukung pembelajaran geometri, kalkulus, trigonometri, dan statistika. Penggunaan program Microsoft Mathematics 4.0 pada pokok bahasan limit fungsi diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar siswa, sehingga hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran dapat diminimalisir dan pada akhirnya hasil belajar siswa dapat dicapai lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, a) respon siswa terhadap penggunaan program Microsoft Mathematics 4.0. b) konsentrasi belajar matematika siswa pada pembelajaran matematika. c) seberapa besar pengaruh penggunaan program Microsoft Mathematics 4.0 sebagai media dalam pembelajaran matematika terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan limit fungsi di SMAN 1 Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Konsentrasi belajar merupakan pemusatan daya pikiran dan perbuatan pada objek yang dipelajari dengan tidak menghiraukan segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan yang dipelajarinya. Kerangka pemikiran yang mendasari penelitian ini adalah pandangan penulis bahwa konsentrasi belajar matematika siswa selain dipengaruhi oleh faktor internal juga sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal, salah satunya penggunaan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan angket dan lembar pengamatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Rajagaluh yang berjumlah 158 siswa, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil satu kelas dari empat kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang berjumlah 32 siswa. Data hasil instrumen kemudian dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Hasil penelitian, setelah dilakukan pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan Microsoft Mathematics 4.0 diperoleh nilai rata-rata hasil angket 79,16 dengan skor tertinggi 92 dan skor terendah 55. Konsentrasi belajar matematika siswa diperoleh nilai rata-rata hasil lembar pengamatan 58,03 dengan skor tertinggi 74 dan skor terendah 46. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 02:28 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 01:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1553 |
Actions (login required)
View Item |