Kyai Dan Perubahan Sosial Di Pedesaan: Kyai Subi Sobarudin Mekarraharja Tahun 1965-2023

Mimin Maesaroh, (2025) Kyai Dan Perubahan Sosial Di Pedesaan: Kyai Subi Sobarudin Mekarraharja Tahun 1965-2023. Bachelor thesis, SI- Sejarah Kebudayaan Islam UINSSC.

[img] Text
2008301109_1_cover.pdf

Download (833kB)
[img] Text
2008301109_2_bab1.pdf

Download (374kB)
[img] Text
2008301109_7_dafpus.pdf

Download (228kB)
[img] Text
2008301109_6_bab5.pdf

Download (174kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang riwayat hidup Kyai Subi Sobarudin serta kontribusi Kyai Subi Sobarudin sebagai tokoh agama dalam memfasilitasi perubahan sosial di Desa Mekarraharja, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka selama periode 1965 hingga 2023. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana metode dakwah, adaptasi budaya, dan upaya pendidikan yang dilakukan oleh Kyai Subi Sobarudin berkontribusi pada transformasi sosial masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode kualitatif, dengan menggugunakan empat tahapan. Pertama, Heuristik dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Kedua, verifikasi. Ketiga, interpretasi. Keempat, Historiografi. Sebagai tokoh yang dihormati, Kyai Subi Sobarudin berhasil menciptakan dialog antara generasi tua dan muda, memperkuat solidaritas sosial, dan mempromosikan kegiatan yang mendukung peningkatan kapasitas masyarakat. Dengan demikian, penelitian ini menekankan bahwa peran Kyai Subi Sobarudin tidak hanya terbatas pada aspek spiritual, tetapi mencakup pengembangan sosial dan budaya yang memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Mekarraharja

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kyai, Peran, Dakwah, Sosial, Masyarakat.
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Sejarah Kebudayaan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:57
Last Modified: 23 Jul 2025 03:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15534

Actions (login required)

View Item View Item