MELITA, (2013) PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 2 PLERED KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Melita _59451027_OK.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
MELITA (2013): “Pengaruh Self Esteem terhadap Stres Akademik Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon.” Sebagian besar siswa dalam menjalani kegiatan pembelajaran matematika di sekolah, seringkali merasakan stres. Stres yang dialami siswa cenderung disebabkan oleh perasaan tidak mampu yang dimiliki siswa itu sendiri dalam menghadapi berbagai situasi, kejadian dan tantangan yang ada selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung. Adanya self esteem yang tinggi dalam diri siswa dapat menghilangkan atau mengurangi stres yang dirasakan siswa akibat berbagai tekanan yang dialami siswa berkaitan dengan pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini bertujuan antara lain untuk mengetahui seberapa besar self esteem siswa dalam pembelajaran matematika, seberapa besar stres akademik yang dirasakan siswa dalam pembelajaran matematika, serta mengetahui apakah terdapat pengaruh self esteem terhadap stres akademik siswa dalam pembelajaran matematika. Self esteem merupakan penilaian positif seseorang untuk dirinya sendiri, evaluasi global seseorang mengenai dirinya. Stres akademik dalam pembelajaran matematika respon tubuh seseorang, baik fisik maupun mental terhadap pembelajaran matematika yang dianggap mengganggu dan mengancam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk ke dalam jenis penelitian korelasional. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Populasi target dalam penelitian ini seluruh siswa SMP Negeri 2 Plered yang berjumlah 1060 siswa, sedangkan populasi terjangkaunya kelas VIII SMP Negeri 2 Plered yang jumlahnya 351 siswa. Untuk penentuan sampelnya dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas VIII H yang berjumlah 40 siswa merupakan sampel dari penelitian ini. Hasil penelitian pada uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa data dari kedua variabel berdistribusi normal, homogen dan mempunyai hubungan linier. Hasil deskripsi data menunjukkan bahwa self esteem siswa dalam pembelajaran matematika termasuk ke dalam kategori tinggi dengan persentase skor 70,35%. Sedangkan stres akademik dalam pembelajaran matematika termasuk ke dalam kategori sedang dengan persentase skor 55,98%. Adapun persamaan regresi yang diperoleh adalah Y� = 97,92 − 1,13X. Tanda negatif (−) pada koefisien regresi menunjukkan hubungan yang negatif. Uji koefisien determinasi menghasilkan nilai 61% yang artinya self esteem dalam pembelajaran matematika berpengaruh sebesar 61% terhadap stres akademik siswa dalam pembelajaran matematika dan sebesar 39% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti self control, self efficacy dan self concept. Uji hipotesis menunjukkan nilai –thitung< −ttabel atau –7,78< −2,03, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh self esteem terhadap stres akademik siswa dalam pembelajaran matematika secara signifikan. Kata kunci: Self Esteem, Stres Akademik
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 02:48 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 01:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1557 |
Actions (login required)
View Item |