PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X MAN 2 CIREBON

Millatul Khaniifah, (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X MAN 2 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MILLATUL KHANIFAH_59451134_tidak ada pengesahan.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Millatul Khaniifah. NIM 59451134. PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X MAN 2 CIREBON. Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika merupakan masalah yang kerap dialami oleh para siswa di sekolah. Kesulitan siswa untuk menemukan penyelesaian dalam belajar matematika karena kurangnya kemampuan untuk menarik kesimpulan suatu pernyataan, siswa tidak dapat melihat hubungan antar ide-ide dan siswa sulit memberikan alasan logis mengapa sebuah jawaban atau strategi pemecahan masalah adalah benar dan masuk akal. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika masih rendah dan perlu untuk ditingkatkan. Berdasarkan asumsi tersebut, maka diperlukan adanya suatu penerapan strategi pembelajaran yang tepat untuk membantu siswa agar lebih mudah dalam proses belajar dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Strategi pembelajaran yang dicoba untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika adalah strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui seberapa tinggi kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pada pembelajaran matematika dan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Dalam penelitian ini, indikator startegi pembelajaran inkuiri terbimbing yang digunakan adalah penyampaian orientasi belajar, perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis dan perumusan kesimpulan. Sedangkan, indikator kemampuan pemecahan masalah matematika yang digunakan adalah kemampuan memahami masalah, kemampuan merencanakan penyelesaian, kemampuan melaksanakan penyelesaian dan kemampuan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Cirebon. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes uraian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan instrumen angket. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian siswa merespon setuju terhadap penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan persentase sebesar 52,95%. Rata-rata kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika yaitu sebesar 56,2564 pada pokok bahasan ruang dimensi tiga. Persamaan regresi yang digunakan untuk memprediksi kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing adalah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 02:52
Last Modified: 12 Jun 2017 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item View Item