MOHAMMAD IRFADI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABLE (Studi Eksperimen Di Kelas VII MTs N Cirebon 1 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
MOHAMMAD IRFADI_59451082_ok.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
MOHAMMAD IRFADI : Pengaruh Penggunaan software GeoGebra terhadap Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan SPLDV di kelas VII MTs N Cirebon 1 Kota Cirebon Dalam proses pembelajaran diperlukan adanya suatu media yang dapat membantu dalam menyampaikan informasi dan juga mampu untuk memberikan stimulan pada peserta didik hingga mereka dapat mengikuti pembelajaran dengan seksama. Media Pembelajaran adalah segala wahana atau alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang pembelajar untuk belajar. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variable bebas (X) penggunaan software GeoGebra, dan untuk variable terikatnya (Y) adalah pemahaman siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh dari penggunaan software GeoGebra terhadap pemahaman siswa. Serta untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan software Geogebra. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sisiwa kelas VII MTs Negeri Cirebon 1 Kota Cirebon. Untuk teknik pengambilan samplenya dilakukan dengan teknik random. Didapat kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Setelah data diperoleh, data kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan chi-kuadrat dan juga dengan bantuan SPSS. Dan uji analisi data dengan menggunakan analisis regresi didapat persamaan regresinya sebesar 35, artinya adalah didapat konstanta sebesar 15.249; artinya jika penggunaan software GeoGebra (X) nilainya adalah (0), maka pemahaman siswa (Y) sebesar 15,249. Sedangkan pada koefisien variabel penggunaan software GeoGebra (X) sebesar 1.435; artinya jika penggunaan software GeoGebra mengalami kenaikan 1 (satu), maka pemahaman siswa akan mengalami peningkatan sebesar 1.435. koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara penggunaan software GeoGebra dengan pemahaman siswa, semakin tinggi penggunaan software GeoGebra,maka semakin meningkat pula pemahaman siswa. Kata kunci: penggunana Software GeoGebra, Pemahaman siswa,
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 03:03 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 01:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1560 |
Actions (login required)
View Item |