Pengaruh Cita Rasa, Label Halal, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lawson (Studi Kasus Lawson Di Jalan Perjuangan)

Saptaji Maulana, (2025) Pengaruh Cita Rasa, Label Halal, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lawson (Studi Kasus Lawson Di Jalan Perjuangan). Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108204015_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108204015_2_bab1.pdf

Download (297kB)
[img] Text
2108204015_6_bab5.pdf

Download (56kB)
[img] Text
2108204015_7_dafpus.pdf

Download (150kB)

Abstract

Hampir setiap transaksi jual beli menggunakan media alat ukur. Alat ukur yang digunakan juga harus sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Pelaksanaan tera dan tera ulang berlandaskan pada pelaksanaannya diatur dalam Permendag No. 24 Tahun 2024, UU Metrologi Legal, dan PP No. 2 Tahun 1985, yang menetapkan kewajiban, pembebasan, dan syarat bagi alat ukur, takar, dan timbang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Pasar Sumber dimana pengelola Pasar Sumber, pedagang Pasar Sumber, konsumne dan Pegawai Badan Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon sebagai informan. Sedangkan objek penelitian yaitu pelaksanaan tera dan tera ulang timbangan terhadap upaya perlindungan konsumen. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan tera dan tera ulang di Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon, yang dilakukan dengan pendekatan pasar keliling menggunakan metode door-to-door. Tujuan utama dari langkah ini adalah memastikan alat ukur yang digunakan oleh pedagang telah sesuai dengan standar metrologi legal, sehingga hak-hak konsumen dalam transaksi jual beli tetap terlindungi. Untuk meningkatkan efektivitas layanan, aplikasi Setara dimanfaatkan guna mempermudah sinkronisasi data. Kata Kunci : Optimalisasi, Perlindungan, Konsumen, Metrologi, Tera, Tera Ulang, Timbangan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:07
Last Modified: 24 Jul 2025 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item