PENGARUH STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN SPLDV KELAS VIIIDI SMP N 2 KRANGKENG

NONO TUNGGONO, (2013) PENGARUH STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM POKOK BAHASAN SPLDV KELAS VIIIDI SMP N 2 KRANGKENG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NONO TUNGGONO_07450741_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

NONO TUNGGONO : Pengaruh Strategi Cooperative Learning Tipe Student Team Achievment Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dalam Pokok Bahasan Sistem Persamaan linear dua Variabel (SPLDV) di kelas VIII SMP N 2Krangkeng –Indramayu. Penelitian ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran, guru matematika masih sering menggunakan metode Konvensional . Padahal, dalam pembelajaran matematika harusnya mengedepankan latihan dan penalaran kritis. Sehingga menganggap bahwa pelajaran matematika sangat membosankan dan sulit di pelajari . oleh karena itu, perlu diterapkan adanya strategi pembelajaran yang mampu membangkitkan motivasi belajar serta hasil belajar siswa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam proses belajar matematika dan hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi Cooperative Learning Tipe STAD di SMP N 2 Krangkeng serta untuk mengetahui pengaruh Cooperative Learning Tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu menyikapi proses belajar mengajar guru agar lebih baik melalui penerapan Cooperative Learning Tipe STAD dalam membantu proses belajar mengajar di kelas lebih kreatif dan menyenangkan. Contohnya, menciptakan kondisi belajar mengajar yang lebih kondusif , membuat rencana belajar siswa, mengamati kesulitan belajar siswa dalam memahami pelajaran matematika dan sebagainya. Bagi siswa sendiri masalah – masalah dalam belajar yang timbul diantaranya dalam memilih cara belajar, menggunakan buku-buku pelajaran dan sebagainya. Dengan penerapan strategi Cooperative Learning Tipe STAD siswa diharapkan mampu bersosialisasi dengan baik antara teman sekelasnya untuk mencapai hasil belajar matematika yang lebih baik lagi. Dalam pelaksanaannya Strategi Cooperative Learning tipe STAD di terapkan untuk menambah motivasi belajar akan siswa dengan cara siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga nantinya mereka akan mampu memecahkan setiap soal yang di berikan oleh guru dengan cara bekerja sama dengan teman . Penelitian ini di lakukan di SMP N 2 Krangkeng Indramayu dengan subjek penelitian sebanyak 32 Siswa yang berasal dari kelas VIII E. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket untuk mengetahui respon motivasi belajar siswa terhadap penerapan strategi Cooperative Learning tipe STAD, sedangkan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas , realibilitas , tingkat kesukaran, daya pembeda, normalitas, homogenitas dan regresi. Dari penelitian yang telah di lakukan , diperoleh data yang menyatakan bahwa motivasi siswa terhadap penerapan strategi Cooperative Learning tipe STAD dinyatakan cukup, karena ada 44,375% siswa menyatakan setuju . Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan , strategi Cooperative Learning tipe STAD juga mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 59,40%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 03:56
Last Modified: 05 Apr 2017 01:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item