Strategi Bumdes Dalam Pengelolaan Wisata Telaga Biru Di Desa Kaduela

Jihan Melinda Alfiani, (2025) Strategi Bumdes Dalam Pengelolaan Wisata Telaga Biru Di Desa Kaduela. Bachelor thesis, S1-Ekonomi Syariah UIN SSC.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dalam industri makanan, khususnya produk roti, menuntut produsen untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen. Masalah utama yang dihadapi adalah bagaimana citra merek, harga, dan kualitas produk dapat memengaruhi minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, harga, dan persepsi kualitas terhadap minat beli konsumen pada produk roti. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana pengaruh citra merek, harga dan kualitas terhadap minat beli masyarakat pada pembelian roti Sari Roti dan Roti Aoka di Kecamatan Lemahabang. Penelitian ini dilakukan pada Masyarakat Kecamatan Lemahabang. Populasi penelitian ini berjumlah 59.475 jiwa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 masyarakat dihitung dengan rumus Taro Yamane dengan probability sampling dengan metode simple random sampling, dan klaster sampling digunakan untuk menentukan jumlah masing-masing sampel berdasarkan tingkat Desa tempat tinggal. Metode analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linear berganda menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek, harga dan kualitas pada roti Sari Roti dan Roti Aoka berpengaruh signifikan secara parsial dan berpengaruh bersama-sama secara simultan terhadap minat beli masyarakat. Hanya saja variabel harga pada Roti Aoka menunjukkan bahwa jika ada kenaikan harga, minat belinya akan menurun. Berdasarkan hasil uji komparasi variabel citra merek, harga dan kualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara roti sari Roti dan Roti Aoka. Citra merek dan kualitas Sari Roti dalam uji group statistic mendapatkan nilai lebih tinggi yang artinya citra merek dan kualitas roti Sari Roti lebih baik dibandingkan dengan Roti Aoka, Sedangkan Harga dan minat beli Roti Aoka mendapatkan nilai atau pengaruh yang lebih tinggi. Perbedaan ini dapat dijelaskan oleh berbagai faktor yang memengaruhi persepsi konsumen terhadap citra merek dan kualitas produk. Sari Roti merupakan merek yang telah lama dikenal di pasar dan memiliki reputasi yang kuat sebagai produk berkualitas tinggi, sedangkan Roti Aoka mungkin lebih fokus pada segmen pasar yang sensitif terhadap harga, sehingga strategi mereknya cenderung menekankan nilai ekonomis dibandingkan prestise atau kualitas premium.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2025 05:08
Last Modified: 25 Jul 2025 05:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15746

Actions (login required)

View Item View Item