PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN 2 CIREBON

SITI MUNAWAROH, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAN 2 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI MUNAWAROH_OK-min.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran biologi di MAN 2 Cirebon yang berlangsung masih bersifat tradisional, masih berpusat pada guru. Siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. maka dibutuhkan sebuah strategi pembelajaran yang dapat melibatkan siswa dalam proses belajar dan meningkatkan Hasil Belajar siswa. Strategi Discovery merupakan proses pembelajaran yang menitikberatkan pada mental intelektual para anak didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep atau generalisasi yang dapat diterapkan dilapangan Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran discovery (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran discovery (3) Untuk mengetahui perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran discovery dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran discovery. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa tes ( pretes dan postes), dan angket. Sampel yang diambil dari kelas X.E sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa, kelas X.G sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS. V 16 melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil analisis angket, sikap siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran termasuk kategori kuat. Hal ini menunjukkan bahwa sikap yang baik terhadap penerapan strategi pembelajaran discovery pada konsep pencemaran lingkungan (2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pretes-postes dengan melakukan uji N- gain kelas eksperimen 0,36 dan kelas kontrol 0,21 (3) Berdasarkan uji t, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran discovery dengan yang tidak menggunakan. Terbukti dari uji t menggunakan SPSS. V 16 Mann Whitney Test diperoleh nilai sig 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran discovery lebih baik di bandingkan dengan yang tidak mengguanakan. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Discovery, Peningkatan Hasil Belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:17
Last Modified: 04 Apr 2017 04:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item