Dina Dwi Anggraeni, (2025) Analisis Implementasi Total Quality Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Bsi Kcp Plered 2. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203112_1_cover.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
2108203112_2_bab1.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
2108203112_6_bab5.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
2108203112_7_dafpus.pdf Download (207kB) |
Abstract
Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berkualifikasi dalam bidang perbankan syariah menjadi suatu tantangan yang masih dihadapi industri ini Kualitas sumber daya manusia merupakan aspek krusial yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan sebuah bank syariah. Untuk itu, bank syariah menerapkan Total Quality Management untuk mengelola dan memastikan mutu produk serta jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Total Quality Management dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan di BSI KCP Plered 2, mengidentifikasi permasalahan yang muncul selama implementasi Total Quality Management di BSI KCP Plered 2, serta menyusun prioritas dalam penerapan Total Quality Management di BSI KCP Plered 2. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Untuk mengumpulkan data, teknik yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui metode CARL yang mencakup capability, accesibility, readiness, dan leverage. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, yang melibatkan pengecekan kebenaran data dari beberapa informan tertentu serta triangulasi teori untuk membandingkan rumusan informasi atau pernyataan tesis dengan perspektif teori yang relevan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 10 unsur yang menjadi inti dari Total Quality Management antara lain pendekatan ilmiah, obsesi terhadap kualitas, fokus pelanggan, komitmen jangka panjang, pendidikan dan pelatihan (education and training), kerjasama (teamwork), proses perbaikan yang berkelanjutan (continous improvement process), keterlibatan karyawan (employee emplovement), pengakuan dan penghargaan (recognition and reward), dan kesatuan tujuan di BSI KCP Plered 2 sudah terimplementasi dengan baik. Namun dalam implementasinya ada beberapa kendala yang peneliti temukan seperti aplikasi BYOND masih dalam tahap pengembangan, pelayanan yang kurang efisien, pelatihan yang belum ideal, penyelesaian masalah yang kurang efisien, dan kurangnya frontliner. Hasil analisis CARL menunjukkan bahwa permasalahan pelayanan yang kurang efisien, kurangnya frontliner, dan pelatihan yang belum ideal menjadi 3 prioritas masalah yang perlu diperhatikan perusahaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | total quality management, kinerja karyawan, implementasi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:02 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 09:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15765 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |