Pengaruh Kualitas Layanan, Fitur Aplikasi Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Kepuasan Pengguna Byond BSI Pada Generasi Z

Mohammad Aditya Jundulloh Kamal, (2025) Pengaruh Kualitas Layanan, Fitur Aplikasi Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Kepuasan Pengguna Byond BSI Pada Generasi Z. Bachelor thesis, S1- Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108203128_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108203128_2_bab1.pdf

Download (453kB)
[img] Text
2108203128_6_bab5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
2108203128_7_dafpus.pdf

Download (346kB)
Official URL: https://uinssc.ac.id/

Abstract

Reputasi perusahaan dalam industri perbankan syariah merupakan aspek penting yang dipengaruhi oleh service excellence dan komunikasi nasabah (word of mouth). Penurunan jumlah nasabah di Bank BJB Syariah KC Cirebon pada tahun 2023 menjadi tantangan dalam mempertahankan reputasi perusahaan, meskipun bank telah meraih sejumlah penghargaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh service excellence dan word of mouth terhadap reputasi perusahaan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel sebanyak 98 responden ditentukan melalui rumus Slovin, dengan teknik pengambilan random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis menggunakan software SmartPLS versi 4.0 serta uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Service Excellence berpengaruh signifikan terhadap Reputasi Perusahaan dengan nilai P-Value 0,000 (< 0,05). Sebaliknya, variabel Word of Mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Reputasi Perusahaan karena memiliki nilai probability sebesar 0,541 (>0,05). Namun, secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan pengaruh signifikan terhadap Reputasi Perusahaan dengan nilai F hitung sebesar 7,470 dan P-Value 0,000 (< 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan service excellence dan pengelolaan WOM secara positif dapat memperkuat reputasi bank di mata masyarakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Service Excellence, Word of Mouth, dan Reputasi Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jul 2025 07:38
Last Modified: 27 Jul 2025 08:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15782

Actions (login required)

View Item View Item