NOVIA RIZQIANA, (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NOVIA RIZQIANA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
NOVIA RIZQIANA: “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Cirebon” Berawal dari kurangnya keberagaman strategi pembelajaran yang diterapkan guru serta kemampuan pemahaman matematika siswa yang masih rendah. Selain itu siswa yang masih belum bisa memahami informasi yang terdapat pada materi dan ketertinggalan pencapaian pemahaman matematika. Alasan ini digunakan peneliti sebagai dasar melakukan penelitian untuk mengkaji pemahaman matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pemahaman matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R. Selain itu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap pemahaman matematika. Kemudian untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran PQ4R. Strategi pembelajaran PQ4R merupakan strategi pembelajaran dengan tahapan preview, question, read, reflect, recite, dan review. Tahapan-tahapan tersebut merupakan suatu upaya didalam proses pembelajaran dengan menerapkan kegiatan membaca aktif agar siswa mendapat pemahaman dalam belajar khususnya pada pemahaman matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode eksperimen menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui seberapa besar respon dari siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran PQ4R. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi target yakni seluruh siswa SMP Negeri 6 Kota Cirebon dan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel acak klaster (Cluster Random Sampling) yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa. Hasil analisis tersebut menghasilkan penelitian menunjukkan rata-rata nilai postes adalah 74,57. Berdasarkan uji statistik pada taraf signifikan α = 5% atau 0,05 diperoleh thitung = 8,954 dan ttabel 2,056 hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka berdasarkan kriteria uji H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran PQ4R terhadap pemahaman matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Cirebon sebesar 75,5% sedangkan sisanya 24,5% ditentukan oleh faktor lain. Hal tersebut diperkuat dengan respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran PQ4R, dimana skor angket yang diperoleh siswa adalah sebesar 67,37% termasuk dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil skor angket tersebut maka penerapan strategi pembelajaran PQ4R mendapat respon yang kuat dari siswa. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PQ4R, Pemahaman Matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 04:17 |
Last Modified: | 12 Jun 2017 02:12 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1579 |
Actions (login required)
View Item |