PENERAPAN MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) BERORIENTASI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP LINGKUNGAN DI KELAS X-3 SMA NEGERI 1 MANDIRANCAN KABUPATEN KUNINGAN (Penelitian Tindakan Kelas)

RUSLI HAMZAH, (2013) PENERAPAN MODEL PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) BERORIENTASI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP LINGKUNGAN DI KELAS X-3 SMA NEGERI 1 MANDIRANCAN KABUPATEN KUNINGAN (Penelitian Tindakan Kelas). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Rusli Hamzah_OK-min.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keresahan guru dalam hal ini merasakan adanya kesenjangan antara harapan guru dengan keadaan siswa dalam proses pembelajaran di kelas, yang berpengaruh terhadap pencapaian tujuan dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan model PBI (Problem Based Instruction) berorientasi lingkungan pada konsep lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X-3 SMA Negeri 1 Mandirancan Kabupaten Kuningan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektifitas penerapan model PBI (Problem Based Instruction) berorientasi lingkungan pada konsep pencemaran lingkungan di kelas X-3 SMA Negeri 1 Mandirancan Kabupaten Kuningan, (2) untuk mengukur seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model PBI (Problem Based Instruction) berorientasi lingkungan pada konsep lingkungan di kelas X-3 SMA Negeri 1 Mandirancan Kabupaten Kuningan. Penelitian didesain sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak tiga siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Mandirancan Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus yaitu siklus I sebesar 26 % siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata 64.6, siklus II sebesar 55 % dengan nilai rata-rata 72.8, siklus III sebesar 100 % dengan nilai rata-rata 81.3. Hasil observasi aktivitas siswa tiap siklusnya menunjukkan dominannya sikap positif (on task). Hasil observasi kinerja guru dalam menerapkan model PBI (Problem Based Instruction) dalam pembelajaran tiap siklusnya menunjukkan perbaikan kinerja dengan mendapat nilai rata-rata rating sebesar 4,6. Sedangkan hasil angket respon siswa, terhadap penerapan model PBI (Problem Based Instruction) berorientasi lingkungan pada konsep lingkungan di kelas X-3, dilihat dari sebagian besar siswa yang menyatakan setuju untuk pernyataan positif sebanyak 62,61%, menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang berlangsung. Dengan demikian penerapan model PBI (Problem Based Instruction) berorientasi lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep lingkungan di kelas X-3 SMA Negeri 1 Mandirancan Kabupaten Kuningan. Kata kunci : Hasil belajar, model PBI (Problem Based Instruction), orientasi lingkungan, dan konsep lingkungan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Kurikulum Terpadu
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:26
Last Modified: 04 Apr 2017 04:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item