UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS VII SMP NEGERI 6 CIREBON PADA SUB POKOK BAHASAN KERUSAKAN LINGKUNGAN

Pipit Justianingsih, (2013) UPAYA MENINGKATKAN NILAI KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS VII SMP NEGERI 6 CIREBON PADA SUB POKOK BAHASAN KERUSAKAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PIPIT JUSTIANINGSIH_59461177_OK-min.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Nilai kepedulian lingkungan siswa di kelas VII G SMP Negeri 6 Cirebon masih rendah. Masih banyak siswa yang kurang peduli terhadap lingkungan, hal tersebut terlihat diri cara siswa membuang sampah. Masih banyak siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Rendahnya nilai kepedulian siswa terhadap lingkungan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah cara penyampaian materi oleh guru belum bisa diterima oleh siswa sehingga siswa masih kurang mengerti pentingnya nilai kepedulian lingkungan. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan model group investigation sebagai upaya untuk meningkatkan nilai kepedulian siswa terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan model Group Investigation dalam meningkatkan nilai kepedulian lingkungan siswa. (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan nilai kepedulian lingkungan siswa. (3) untuk mengkaji respon siswa terhadap penerapan model Group Investigation guna meningkatkan nilai kepedulian lingkungan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi yaitu untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap lingkungan. Studi dokumentasi yaitu untuk memperkuat hasil observasi dan angket berupa foto – foto hasil penelitian, sedangkan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model group investigation dan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan kolaborator sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari setiap siklus dengan melihat hasil evaluasi pada siklus I yaitu sebesar 56.25% siswa tuntas belajar dengan nilai ratarata 63.73, sedangkan siklus II sebesar 90.62% dengan nilai rata-rata 86.88. Rata – rata hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 48.1% sedangkan pada siklus II sebesar 94.4%. Respon siswa terhadap penerapan model group investigation sebesar 76.405 termasuk kriteria baik sedangkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sebesar 80.85% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation dapat meningkatkan nilai kepedulian siswa terhadap lingkungan di kelas VII G SMP Negeri 6 Cirebon pada sub pokok bahasan kerusakan lingkungan. Selain itu, respon siswa menunjukan kesan positif terhadap penerapan model group investigation dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Kata Kunci : Pendidikan Nilai, Kepedulian Lingkungan, Group Investigation

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:20
Last Modified: 04 Apr 2017 06:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item