INTEGRASI NILAI RELIGIUS MELALUI PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI MAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN

OMAN ABDUL RAHMAN, (2013) INTEGRASI NILAI RELIGIUS MELALUI PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI MAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
OMAN ABDUL RAHMAN_59461176_OK-min.pdf

Download (721kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang dilaksananakan di sekolah cenderung conitive oriented padahal dalam pendidikan perlu adanya keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Keseimbangan ini diperlukan agar terbentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki akhlak yang mulia. Kegagalan dalam membentuk siswa yang berakhlak mulia ini telah menyebabkan krisis akhlak yang sedang dialami bangsa Indonesia dewasa ini. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran biologi yang menerapkan integrasi nilai religius melalui pendekatan SETS, (2) Untuk mengetahui pengaruh nilai religius yang diintegrasikan dalam pembelajaran biologi melalui pendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa, (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan integrasi nilai religius melelui pendekatan SETS. Integrasi nilai religius dalam pembelajaran sains merupakan penanaman nilai tentang ketuhanan yang relevan dengan konsep sains yang ada. Ketika siswa memiliki ketauhidan yang kuat yang terbukti secara ilmiah melalui sains maka ia akan memiliki pedoman dan petunjuk dalam hidupnya sehingga dapat memunculkan akhlak yang mulia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena populasi yang ada kurang dari 100 sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Data hasil tes kemudian dianalisis dengan uji Independent Sample Test (uji t), karena sebaran data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas siswa yang muncul ketika pembelajaran besar persentasenya yang mendukung proses pembelajaran, dari tiga pertemuan masing - masing diperoleh rata – rata persentase kegiatan on task sebesar 95,9;95,9;97,1. Hasil belajar siswa yang menerapkan integrasi nilai religius lebih baik dari kelas kontrol, hal ini terlihat dari perbandingan rata – rata N-gain kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,44 : 0,55. Nilai religius yang diintegrasikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, berdasarkan uji koefisien penentu, 54,76% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh nilai religius yang diintegrasikan, dan respon siswa terhadap pembelajaran yang menerapkan integrasi nilai religius melalui pendekatan SETS termasuk kategori sangat kuat (82,5%) hal ini berarti siswa memberikan repon postif terhadap pembelajaran biologi yang menerapkan integrasi nilai religius melalui pendekatan SETS. Kata Kunci : Integrasi, Nilai Religius, Pendekatan SETS, Hasil Belajar

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:25
Last Modified: 04 Apr 2017 06:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item