NURLAELA, (2013) PENERAPAN LAPORAN PRAKTIKUM TRANSPORTASI SEL DALAM BENTUK VEE MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DIKELAS XI IPA MA NEGERI 3 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
NURLAELA_58461232_OK-min.pdf Download (616kB) | Preview |
Abstract
Penerapan Vee map sebagai laporan praktikum merupakan suatu alternatif baru bagi guru untuk menuntun siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Vee map merupakan alat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan laboratorium dan memfasilitasi untuk berpikir reflektif dan belajar selama pembelajaran. komponen-komponen vee map yang terdiri dari fokus pertanyaan, bagian konseptual dan objek/event, dimana komponen tersebut dijadikan sebagai dasar dijadikan vee map sebagai laporan praktikum laporan praktikum yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan keterampilan berpikir kritis, perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis di kelas yang menerapkan laporan praktikum transportasi sel dalam bentuk vee map dengan yang menggunakan laporan praktikum konvensional dan terakhir mengkaji respon siswa terhadap laporan praktikum transportasi sel dalam bentuk vee map. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penilitian yang digunakan true eksperimen. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Random sampling desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas diambil dari populasi yang berjumlah tiga kelas dengan teknik random sampling, kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa test dan angket kemudian diolah secara kuantitatif dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata laporan praktikum 81 dengan kriteria baik, peningkatan keterampilan berpikir kritis lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil gain kelas eksperimen yakni 0,52 lebih besar daripada rata-rata gain kelas kontrol 0,33. Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa yang menerapkan laporan praktikum vee map dengan yang tidak menerapkan laporan praktikum vee map, hal ini berdasarkan hasil uji t α = 0,000 lebih kecil dari 0.05 artinya Ha diterima. Hal ini juga diperkuat dengan rerata persentase angket yaitu sebesar 75,83 % yang memiliki kriteria intrepretasi kuat, artinya siswa sangat merespon positif terhadap Penerapan laporan praktikum dalam bentuk vee map. Berdasarkan hasil penelitian penerapan vee map sebagai laporan praktikum dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk para peneliti berikutnya agar lebih memanfaatkan vee map baik sebagai laporan praktikum maupun panduan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Vee Map, Laporan Praktikum dan Keterampilan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 04 Apr 2017 06:39 |
Last Modified: | 04 Apr 2017 06:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1600 |
Actions (login required)
View Item |