PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTsN Cirebon II Kabupaten Cirebon)

Peppy Pebrianti, (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTsN Cirebon II Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PEPPY PEBRIANTI 59451140_OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peppy Pebrianti.: NIM 59451140. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kemampuan penalaran matematika merupakan salah satu tujuan dari mata pelajaran matematika di sekolah. Kebanyakan dari para siswa di MTs Negeri Cirebon II Kabupaten Cirebon hanya memahami materi matematika ketika guru sedang memberikan dan menjelaskan materi beserta contoh soalnya. Dalam hal ini, kebanyakan siswa sulit memahami dan mengerjakan soal matematika yang berbeda dari contoh soal yang telah diberikan oleh guru. Padahal soal yang diberikan itu masih satu tipe dan mungkin hanya diberi sedikit perbedaan. Kemampuan bernalar dibutuhkan para siswa ketika mereka ingin memecahkan suatu masalah atau soal. Metode pembelajaran problem solving sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa, karena dalam pembelajaran dengan metode ini, siswa dilatih untuk dapat menyelesaikan soalsoal yang diberikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa besar respon siswa kelas VIII A di MTs Negeri Cirebon II Kabupaten Cirebon terhadap metode pembelajaran Problem Solving, 2) Untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Problem Solving di MTs Negeri Cirebon II Kabupaten Cirebon dan 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh respon metode pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII A di MTs Negeri Cirebon II Kabupaten Cirebon. Metode pembelajaran Problem Solving adalah suatu metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa. Dalam metode pembelajaran ini kemampuan penalaran siswa dilatih dengan menyelesaikan soal-soal matematika yang berbeda dari contoh soal yang diberikan. Dengan demikian siswa mampu menyelesaikan berbagai jenis soal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Cirebon II yang berjumlah 219 siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling dan diambil satu kelas sampel yaitu VIII A. Hasil pengolahan data menunjukan respon metode pembelajaran Problem Solving tergolong pada kategori sangat kuat, hal ini pada hasil skala yang disebarkan peneliti kepada 39 siswa. Pernyataan positif diperoleh persentase sebesar 82,21% dan pernyataan negatif diperoleh persentase skor sebesar 82,05%. Kemampuan penalaran matematika siswa termasuk ke dalam kategori tinggi dilihat dari nilai rata-ratanya yaitu sebesar 80. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu � � �0,573��, dengan koefisien determinasi 66,4%, dan hasil analisis menunjukan thitung > ttabel yaitu 8,556 > 2,032, artinya H0 ditolak yaitu ada pengaruh respon metode pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Kata kunci: metode pembelajaran problem solving, kemampuan penalaran matematika.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 04 Apr 2017 06:43
Last Modified: 12 Jun 2017 02:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item